Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dipadu Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IPS 2 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun 2017/2018 / Adhitya Putri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dipadu Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IPS 2 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun 2017/2018 / Adhitya Putri Utami

Utami, Adhitya Putri (2018) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dipadu Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IPS 2 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun 2017/2018 / Adhitya Putri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Utami Adhitya Putri. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dipadu Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IPS 2 Angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang Semester Genap Tahun 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Sapir S. Sos M.Si Kata Kunci Metode kooperatif Jigsaw Problem Based Learning Keaktifan Hasil belajar. Proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung baik apabila semua siswa dapat mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Siswa tidak hanya mendengarkan dan memperhatikan ceramah dari guru saja melainkan ikut aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IPS 2 angkatan 2016 di SMA Negeri 6 Malang selama KPL keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran masih cukup rendah. Siswa lebih banyak berbicara di luar topik pembelajaran dengan teman sebangku. Beberapa dari siswa sesekali membuka handphone selama kegiatan berlangsung bukan untuk kepentingan pembelajaran. Siswa terkesan bosan dan tidak ada semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran ekonomi. Rendahnya semangat belajar siswa terlihat bahwa siswa sering mengantuk saat pembelajaran ekonomi. Hal tersebut tentu akan menganggu keaktifan dan hasil belajar siswa yang kurang dari KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode kooperatif teknik jigsaw dipadu dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi angket soal pre-test dan post-test. Penelitian ini berjalan selama 2 siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IPS 2 angkatan 2016 yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan siswa pada siklus 1 (66 35%) ke siklus 2 (87 48%) dengan peningkatan sebesar 21 35%. Sedangkan untuk hasil belajar terjadi peningkatan dari 58 91 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 68 12 pada siklus 2 dengan peningkatan presentase ketuntasan 37 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dipadu dengan Problem Based Learning berjalan dengan baik pembelajaran juga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IPS 2 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang Semester Genap Tahun 2018. Disarankan bagi guru ekonomi menerapkan metode kooperatif teknik jigsaw dipadu dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa tetapi guru perlu menyesuaikan dengan materi alokasi waktu dan keadaan di lingkungan kelas. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas dengan materi pembelajaran lain agar hasil yang didapatkan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39932

Actions (login required)

View Item View Item