Susianik, Yuli (2018) Analisis literasi keuangan berdasarkan status sosial ekonomi keluarga (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM angkatan 2014) / Yuli Susianik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Susianik Y. 2018. Analisis Literasi Keuangan Berdasarkan Status Sosial Ekonomi Keluarga (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM Angkatan 2014). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Literasi Keuangan Status Sosial Ekonomi Keluarga Literasi keuangan merupakan suatu pemahaman dan keahlian seseorang dalam hal keuangan serta mampu mengambil keputusan keuangan secara tepat khususnya tentang penganggaran pinjaman tabungan dan investasi. Pemahaman mengenai literasi keuangan dapat diperoleh melalui berbagai pendidikan salah satunya pendidikan informal yakni keluarga. Pemahaman literasi keuangan yang kurang tepat dapat menyebabkan permasalahan pengelolaan keuangan. Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM angkatan 2014 sedang mengalami pengeluaran yang lebih besar dari sebelumnya untuk menunjang perkuliahan pada semsester akhir. Tempat tinggal mahasiswa yang berada di kota Malang dengan fasilitas yang lengkap mulai dari kuliner fashion tempat wisata dan sebagainya membuat mahasiswa rela mengeluarkan uang sakunya untuk hal-hal tersebut. Perbedaan latar belakang khusunya perbedaan status sosial ekonomi keluarga seperti tingkat pendidikan orang tua jabatan pekerjaan orang tua dan tingkat pendapatan orang tua membuat mahasiswa dituntut agar bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga dapat menentukan kebutuhan yang harus dipenuhi terdahulu dan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda. Hal tersebut dilakukan supaya mahasiswa tidak mengalami kekurangan keuangan dengan demikian penerapan literasi keuangan sangat di butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi keuangan berdasarkan status sosial ekonomi keluarga pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM angkatan 2014. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pertisipatif dan wawancara mendalam. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis data melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain status sosial ekonomi keluarga persepsi mahasiswa tentang keuangan juga memiliki peran yang besar dalam menentukan literasi keuangan mahasiswa. Literasi keuangan tersebut dapat dilihat melalui indikator penganggaran pinjaman tabungan dan investasi. (1) penganggaran mahasiswa berasal dari sumber keuangan yang berbeda yakni dari orang tua beasiswa dan bekerja. Mahasiswa ada yang membuat dan tidak membuat daftar skala prioritas kebutuhan dan perkiraan pemasukan pengeluaran secara khusus tetapi pengalokasian uang saku terutama digunakan untuk kebutuhan pokok kuliah kemudian kebutuhan lainnya. Mahasiswa melakukan pertimbangan sebelum membeli barang (2) Berkaitan dengan pinjaman tidak ada v mahasiswa yang melakukan pinjaman ke bank dan sejenisnya. Bagi mahasiswa yang kehabisan uang saku alternatif yang dilakukan yakni meminta orang tua atau meminjam teman (3) Secara umum hanya sedikit mahasiswa yang menabung lainnya hanya sekedar menyisihkan uang saku baik untuk berjaga-jaga jalan-jalan membeli sesuatu yang diinginkan dan lain-lain (4) Berkaitan dengan investasi terdapat mahasiswa yang sudah melakukan dan belum melakukan kegiatan investasi (5) Klasifikasi literasi keuangan mahasiswa berdasarkan status sosial ekonomi keluarga terbagi menjadi 3 yakni well literate sufficient literate dan less literate Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi Universitas Negeri Malang diharapkan memasukkan pendidikan tentang literasi keuangan sebagai mata kuliah khusus di Jurusan Ekonomi Pembangunan dan mengadakan seminar dengan mengambil tema khusus tentang literasi keuangan untuk memberikan wawasan tambahan agar menjadi mahasiswa yang lebih cerdas dalam mengelola berapapun jumlah keuangan yang dimiliki (2) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian mengenai literasi keuangan selain berdasarkan status sosial ekonomi keluarga dan rentang waktu penelitian yang lebih lama supaya menghasilkan penelitian yang lebih baik dan lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39926 |
Actions (login required)
View Item |