Jannah, Roudlotul (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pasuruan / Roudlotul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Jannah Roudlotul. 2018. Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learning dan Talking Stick Pada Mata PelajaranEkonomiuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pasuruan . Skripsi. Program Studi S1 PendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Sri UmiMintarti W. S.E. M.P. Ak Kata Kunci Model PembelajaranProblem Based Learning Talking Stick Keaktifan danHasilBelajar Guru tidak sekedar menyampaikan materi tetapi juga membuat kegiatan pembelajaran tentang materi juga menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa sehingga timbul keaktifansiswa dan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 bukan lagi teacher center melainkan student center dimana setiap siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaranproblem based learning talking stickdapat membantu siswa dalam belajar sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat.Hal tersebut mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning talking stickuntuk mengatasi keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitianinimenggunakanpenelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pasuruan. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus masing-masingsiklusterdiridari3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pasuruan dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan tahun ajaran 2017/2018.Instrumen yang digunakanadalahlembarobservasi test catatanlapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning dan talking stick. Hal ini dapat ditunjukkan hasil keaktifan siswa persentase pada siklus I 64 8% sementara pada siklus II 81 7% keatas. Sedangkan hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata sebesar 74 84 sehingga presentase pada siklus I siswa tuntas sebesar 34% sementara nilai rata-rata pada siklus II sebesar 84 sehingga presentase dari 28 siswa yang tuntas sebesar 82% Persentase keterlaksanaan tindakan peneliti pada siklus I sebesar 71% pada siklus II persentase sebesar 79% juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranproblem based learning dan talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39923 |
Actions (login required)
View Item |