Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick di kelas X AK pada mata pelajaran ekonomi bisnis SMK Islam Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Arum Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick di kelas X AK pada mata pelajaran ekonomi bisnis SMK Islam Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Arum Aprilia

Aprilia, Arum (2018) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick di kelas X AK pada mata pelajaran ekonomi bisnis SMK Islam Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Arum Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprilia Arum. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick di Kelas X AK pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis SMK Islam Batu Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Hasil Belajar Student Team Achievement Division (STAD) Talking Stick Penerapan model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat membuat hasil belajar siswa lebih baik. Dalam penelitian ini dipilih model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan menjadi salah satu alternatif sebagai pembelajaran yang mengarah pada pemahaman konsep dan model pembelajaran Talking Stick yang diterapkan pada kelas kontrol. Model pembelajaran Talking stick diharapkan menjadi alternatif sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan media tongkat. Jenis penetian ini adalah studi komparasi (compare study). Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas. Kelompok pertama yaitu kelas STAD dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) kelompok kedua yaitu kelas TS dengan model pembelajaran Talking Stick (TS). Sampel kelas yang digunakan yaitu kelas X AK 3 dan X AK 2 karena kemampuan penguasaan konsep dari kedua kelas tersebut dianggap homogen maka peneliti menentukan kelas X AK 3 sebagai kelas STAD dan kelas X AK 2 sebagai kelas TS. Kedua kelas tersebut diberikan tes kemampuan awal (pre-test) dan diberi post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dari data post-test antara kelas STAD dan kelas TS memiliki nilai sig. 2-tailed sebesar 0 006 yang berarti kurang dari 0 05. Data diatas menunjukkan bahwa thitung sebesar 2 851 ttabel sebesar 2 036. Menunjukkan bahwa H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas STAD dengan kelas Talking Stick. Metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang diterapkan pada kelas STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata posstest 84 06. Dan model pembelajaran talking stick yang diterapkan pada kelas TS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata 78 24. Berdasarkan data dan hasil analisis yang telah diperoleh pada kelas STAD dan kelas TS menunjukkan bahwa metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih tepat digunakan pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39918

Actions (login required)

View Item View Item