Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa X IIS SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2017/2018 / Pinky Fernanda Carolina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa X IIS SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2017/2018 / Pinky Fernanda Carolina

Carolina, Pinky Fernanda (2018) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa X IIS SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2017/2018 / Pinky Fernanda Carolina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Carolina Pinky Fernanda. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ) Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Lawang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) minat belajar hasil belajar Hasil belajar merupakan hasil perubahan tingkah laku yang ditunjukkan oleh siswa setelah mengalami proses belajar yang dapat dinyatakan dalam bentuk skor simbol maupun kalimat yang dapat menjelaskan hasil yang sudah dicapai siswa pada periode tertentu. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecerdasan intelektual (IQ) merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa begitu pula dengan kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar siswa yang merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMAN 1 Lawang. (2) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMAN 1 Lawang. (3) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMAN 1 Lawang. (4) mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMAN 1 Lawang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual (X1) kecerdasan emosional (X2) minat belajar (X3) dan hasil belajar ekonomi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMAN 1 Lawang yang berjumlah 144 siswa serta didapatkan sampel dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 106 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan program SPSS 16.0 for Windows. Kesimpulan pada penelitian ini (1) kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. (2) kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. (3) minat belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. (4) kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) dan minat belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Saran pada penelitian ini (1) bagi guru agar menjadi bahan pertimbangan bahwa dalam proses pembelajaran juga berorientasi pada kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) serta penting pula untuk menumbuhkan dan vii meningkatkan minat belajar ekonomi siswa. (2) bagi SMAN 1 Lawang selain melakukan tes IQ tetapi juga melakukan tes EQ sebagai bentuk cerminan karakteristik bagi calon siswa baru serta dapat mengarahkan guru ekonomi untuk menciptakan suasana yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan minat belajar siswa. (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menjadi rujukan yang bermanfaat serta untuk kedepannya dapat lebih memperdalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar selain kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39912

Actions (login required)

View Item View Item