Pangestu, Silvia Martha (2017) Pengaruh tingkat kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi sswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen / Silvia Martha Pangeu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pangestu Silvia Martha. 2017. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd Kata-kata kunci Kedisiplinan Belajar Kemandirian Belajar Hasil Belajar. Sebagai lembaga pendidikan formal sekolah memiliki tugas untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap setiap siswa sehingga mampu berpikir kritis dan rasional dalam menghadapi permasalahan yang terjadi disekitarnya. Untuk mengetahui ketercapaian tingkat keberhasilan proses pembelajaran maka dapat dilihat dari hasil belajar setiap siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam turun waktu tertentu. Siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen memiliki hasil belajar yang beragam. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi lingkungan sosial dan nonsosial. Faktor internal meliputi jasmani dan rohani atau kepribadian termasuk dalam hal ini adalah kedisiplinan dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 97 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kedisiplinan belajar siswa cukup sebesar (45 4%). (2) tingkat kemandirian belajar siswa cukup sebesar (53 6%) (3) hasil belajar siswa baik sebesar (55 7%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) pengaruh disiplin belajar di sekolah (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05 (2) kemandirian belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 007 945 0 05. (3) pengaruh tingkat kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA 1 Kepanjen pada mata pelajaran ekonomi. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA 1 Kepanjen pada mata pelajaran ekonomi. (3) kedisiplinan belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru ekonomi inovatif dan kreatif menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa yang nantinya akan meningkatkan rasa ketertarikan dalam materi ekonomi yang nantinya akan menimbulkan rasa senang yang akan menjadikan siswa nyaman dalam pembelajaran sehingga dapat menimbulkan rasa kepercayaan diri yang tinggi (2) Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. ABSTRACT Pangestu Silvia Martha. 2017. The Influence of Learning Discipline Level and Independence learning toward students Learning achievement of Economics Subject XI IIS th Grade Student In SMA Negeri 1 Kepanjen. Thesis Economics Development Department. Economics Faculty. University of Malang. Advisor Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd. Key words Discipline Learning Independence Learning Students Learning Achievement As formal education School have a duty to improve knowledge skills and attitudes of each student. From this situation the students can think critically and rationally to solve the problem around the students. To know the criteria of success in the learning process it can be seen on the result of each students after gave treatment in a certain time. XI IIS students have diverse learning result. Learning achievement influence by external factors and internal factors. External factors included social and non-social environment. Internal factors included phsycal and spirituall or personality were included in dicipline learning and self-learning. The aimed of this research was to know the influence of dicipline learning and self-learning toward students learning achievement in the economic subject. This research used quantitaif research with the corelation approach. The respondent of this research was XI IIS grade of SMA NEGERI 1 KEPANJEN consisted of 97 students. the sampling technique used propotional random sampling. The data were collected by questionaire and documentation. The data analysed by using multiple linear regression analysis. The findings showed that (1) Dicipline learning of students was (45 4%). Self-Learning of students was (55 7%). The findings of this research also showed that dicipline learning in the school(X1) toward students learning achievement (Y) obtained significance value was 0.000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39810 |
Actions (login required)
View Item |