Puspitasari, Fifi Mega Ayu (2017) Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X dan XI PBS SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Fifi Mega Ayu Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Fifi Mega Ayu. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X dan XI PBS SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci lingkungan keluarga ketersediaan fasilitas belajar hasil belajar. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah keadaan lingkungan keluarga suasana lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar. Untuk belajar di rumah ketersediaan fasilitas belajar sangat membantu dan mutlak dibutuhkan semakin lengkap alat-alat belajar siswa semakin bisa belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan keluarga siswa kondisi ketersediaan fasilitas belajar di rumah prestasi belajar siswa pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi seberapa besar lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linier berganda untuk menentukan besarnya pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X PBS dengan jumlah 23 siswa perempuan semua dan seluruh siswa kelas XI PBS dengan jumlah 18 siswa yang juga perempuan semua. Jumlah dari populasi ada 41 siswa yang semua dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember sampai Januari. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar ketersediaan fasilitas belajar di rumah juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Kedua variabel tersebut secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Ekonomidan Bisnis siswa kelas X dan XI PBS SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis mengharapkan kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan komunikasi dan selalu menjaga hubungan yang baik dengan orang tua siswa karena antara pihak sekolah dan orang tua memiliki keterkaitan yang erat dengan keberhasilan belajar siswa. Orang tua siswa diharapkan untuk lebih memperhatikan perkembangan belajar dan juga kebutuhan belajar putra-putrinya. ABSTRACT Puspitasari Fifi Mega Ayu. 2017. The Influence of Family Environment and Availability Facilities Study in The House of The Subject Learning Outcomes Introduction to Economics and Business Students Grade X and XI PBS Senior High School Muhammadiyah 5 Kepanjen. Thesis Department of Economics Department of Economic Development Faculty of Economics University Negeri Malang. Advisor Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Keywords family environment the availability of learning learning outcomes. The are many factors affect on student learning outcomes including the state of the family environment the atmosphere of the family environment and the availability of learning facilities the availability of learning facilities is very helpful and necessary for home studying the more complete the equipment the better result of students in study. The purpose of this research is to determine of condition of the student s family environment the availability of learning facilities at home studying student achievement and the impact of families environment the benefits of this study is to profit the information about how long the family environment and the availability of home study facilities have an impact on student learning outcomes. This research was conducted using quantitative descriptive analysis with multiple linear regression method to determine the influence of family environment and the availability of home study facilities on student learning outcomes. The population of this study were all students of SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen class X PBS with the number 23 female students and all students of XI PBS with the number of 18 students as a sample. Data collection technic using questionnaires and documentation. This study was conducted on December and January 2017. Base on the result of the data analysis can be obtained as follows the family environment influence of learning outcomes. The two variables are significant effect on the learning outcomes on introductory subjects of business economics X and XI PBS class of SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Based on the conclusions above the authors expect to school in order to improve the communication and always keep a good relationship with the parents because the relationship between the school and the parents will impact on the success of students learning. The parents are expected to pay more attention to the development of the student learning as well as the needs learning of their daughters.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |