Pengambangan CD Multimedia pembelajaran Matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang di SD Lowokwaru 3 Malang / Shohibur Rohmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengambangan CD Multimedia pembelajaran Matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang di SD Lowokwaru 3 Malang / Shohibur Rohmat

Rohmat, Shohibur (2013) Pengambangan CD Multimedia pembelajaran Matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang di SD Lowokwaru 3 Malang / Shohibur Rohmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan cd multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran matematika Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pebelajar. Pada pembelajaran diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih aktif. Pemakaian multimedia pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Produk multimedia pembelajaran interaktif ini dikembangkan dan diuji coba di SDN Lowokwaru 3 Malang pada standar kompetensi luas segi banyak sederhana luas lingkaran dan volume prisma segitiga pada materi bangun datar dan bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia yang layak untuk pembelajaran interaktif sebagai sarana pembelajaran matematika pada materi bangun ruang dan bangun datar terhadap siswa kelas VI SDN Lowokwaru 3 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah William W. Lee dan Diana L. Owens yang terdiri dari lima tahapan (1) analysis dan penilaian (2) desain (3) pengembangan dan implementasi dan (5) evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada satu ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 2 orang siswa dan uji coba kelompok kecil dengan 5 orang siswa uji lapangan dengan 15 orang siswa. Hasil validasi isi terhadap kelayakan multimedia pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 81 67% validasi ahli materi 90% uji coba perorangan 97 5% dan uji coba kelompok kecil 96% uji lapangan rata-rata pretest (57 75 %) dan post test (95 75 %) peningkatan hasil belajar secara keseluruhan dengan persentase (40 75). Hasil pengembangan multimedia pembelajaran telah direvisi meliputi (1) front cover lebih disimplifikasikan (2) menambahkan navigasi tombol back dalam frame-frame tengah (3) mengubah tulisan judul sub bab materi warna hijau diganti dengan warna hitam. Saran pengembangan selanjutnya dalam pengembangan multimedia pembelajaran dalam mengujicobakan produk pada perorangan dan kelompok kecil pada siswa yang tidak ikut dalam uji lapangan dalam kelas yang sama. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item