Suganda, Yustis Bela (2016) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS SMP Widya Gama Mojosari kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2014/2015 / Yustis Bela Suganda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suganda Yustis Bela. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SMP Widya Gama Mojosari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Lingkungan keluarga Lingkungan sekolah dan Prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor terdapat 2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ada faktor eksternal dan juga faktor internal. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi dalam pencapaian prestasi belajar siswa adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Ketika siswa dalam lingkungan keluarga yang baik terhadap pendidikan seperti cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga dan perhatian orang tua maka akan berpengaruh kepada cara belajar siswa serta kemauan siswa untuk belajar serta kondisi psikologis siswa yang merasakan lingkungan keluarganya yang baik terhadap proses belajar siswa tentu akan membuat prestasi belajar siswa menjadi tinggi. Begitu juga dengan lingkungan sekolah yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar seorang siswa. Siswa yang merasa nyaman dalam belajar disekolah atau dikelas dengan didukung oleh hubungan yang baik antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa serta didukung oleh kelengkapan alat pelajaran yang ada disekolah tentu saja akan menunjang siswa untuk mencapai sebuah prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (x1) dan lingkungan sekolah (x2) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS SMP Widya Gama Mojosari tahun pelajaran 2014/2015 (Y). Rancangan penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Widya Gama Mojosari yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 028) lebih kecil daripada tingkat signifikansi alpha (0 05) berarti lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh lingkungan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 008) lebih kecil daripada tingkat signifikansi alpha (0 05) berarti lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa diperoleh signifikansi F pada uji simultan (Anova) sebesar (0 000) lebih kecil daripada tingkat signifikansi alpha (0 05) berarti antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS SMP Widya Gama Mojosari tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan adalah (1) pihak sekolah dapat membantu dalam meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar dengan memperbaiki gedung kelas dan meja maupun kursi kelas yang ada menyiapkan alat-alat pelajaran seperti menggunakan proyektor untuk menunjang pelajaran IPS dan melengkapi buku referensi siswa yang ada dalam perpustakaan memberi pelajaran kedisiplinan pada siswa serta mengajarkan cara belajar pelajaran IPS kepada siswa dengan baik. (2) Orang tua diharapkan perlu memberi perhatian lebih terhadap belajar anaknya dengan lebih mendampingi anak dalam belajar dan lebih membantu anak dalam memecahkan masalah atau mengatasi masalah anak apabila anak mengalami kesulitan belajar serta orang tua juga perlu untuk lebih memenuhi kebutuhan siswa yang diperlukan untuk menunjang belajar seorang siswa seperti alat tulis meja serta buku atau referensi lain yang bisa digunakan anak untuk belajar. (3) Siswa diharapkan mampu membagi waktu bermain dengan kegiatan belajarnya mempunyai kesadaran untuk senantiasa mengerjakan soal-soal latihan tugas yang diberikan oleh guru meskipun tidak ada guru dikelas serta membentuk kelompok belajar untuk menjalin hubungan yang baik dengan teman sebaya untuk memudahkan dalam memecahkan masalah dalam pelajaran memahami pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39598 |
Actions (login required)
View Item |