Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang / Vera Febriani Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang / Vera Febriani Dewi

Dewi, Vera Febriani (2016) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang / Vera Febriani Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Vera Febriani. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Berpikir Kritis Hasil Belajar Seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif agar pada saat proses pembelajaran berlangsung terjadi interaksi yang menekankan peran aktif siswa. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang bertujuan melatih siswa untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari yang dihubungkan dengan pengetahuan tentang mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis yang dipelajarinya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang. (2) Apa penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang. (3) Apa penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi dokumentasi catatan lapangan soal tes (berupa pre test dan post test) dan lembar aspek penilaian afektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas X APK2 SMK PGRI 2 Malang dapat diketahui bahwa (1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (3) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Bagi guru diharapkan bisa menerapkan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar mereka mengalami peningkatan yang lebih baik lagi. (2) Bagi sekolah hendaknya memberikan pelatihan kepada guru untuk dapat menerapkan berbagai model pembelajaran yang lebih inovatif. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi atau bahan rujukan dalam melakukan penelitian selanjutnya dengan variabel yang sama. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39593

Actions (login required)

View Item View Item