Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dikoloborasikan dengan model make a match untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo / Luluk Rohmaniya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dikoloborasikan dengan model make a match untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo / Luluk Rohmaniya

Rohmaniya, Luluk (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dikoloborasikan dengan model make a match untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo / Luluk Rohmaniya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmaniya Luluk. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Dikolaborasikan Dengan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si(2) Drs. H. Ali Wafa M.Pd Kata-kata kunci Numbered Head Together (NHT) Make A Match motivasi belajar siswa hasil belajar Pendidikan merupakan faktor paling penting untuk pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik akan melahirkan sumberdaya-sumberdaya manusia yang baik pula. Maka dari itu dari tahun ke tahun pendidikan mengalami suatu revolusi yang berkelanjutan menuju ke arah yang lebih baik. Mulai dari penyempurnaan kurikulum penerapan metode-metode pembelajaran yang efektif dan kontemporer serta peningkatan kualitas para pengajar/guru. Seorang guru yang baik harus bisa mengatasi berbagai permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran. Masalah yang terjadi di lapangan adalah rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar yang dimilikinya. Menangani hal tersebut guru dituntut mampu mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat memikat perhatian siswa sehingga ada dorongan dalam dirinya untuk belajar lebih baik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dikolaborasikan dengan model Make A Match. Metode ini menekankan atas kerjasama individu dalam kelompok sehingga dengan kerjasama tersebut motivasi dan hasil belajar siswa diharapkan meningkat. Atas dasar permasalahan diatas dipilihlah judul penelitian Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Dikolaborasikan Dengan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model NHT dikolaborasikan dengan model Make A Match guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.C mata pelajaran Ekonomi di MA Islamiyah Sidoarjo. Dan dirancang dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu meliputi perencanaan kegiatan pelaksanaan tindakan obervasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.C MA Islamiyah Sidoarjo yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan disetiap siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara angket tes. Data motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model NHT dikolaborasikan dengan model Make A Match motivasi dan hasil belajar siswa meningkat di tiap siklusnya. Pada siklus I diketahui rata-rata presentase motivasi belajar siswa adalah 72 45%. Sedangkan rata-rata presentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 38 99dari 36 14 pada nilai pre tes menjadi 75 13 pada pos tes. Dari hasil refleksi diketahui bahwa tindakan pada siklus I dinilai belum maksimal sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Pada siklus II diketahui rata-rata persentase motivasi belajar adalah sebesar 83 50%. Persentase motivasi belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 11 05%. Sedangkan dari soal pre tes dan pos tes pada siklus II diketahui bahwa rata-rata klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 44 1 dari 44 45pada nilai pre tes menjadi 88 55 pada pos tes. Secara klasikal sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum 8805 75 dan dianggap memuaskan. Dari refleksi siklus II diketahui bahwa tindakan yang diterapkan sudah baik dan dirasa cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dikolaborasikan dengan model Make A Match adalah (1) membuat pembelajaran di kelas menjadi kondusif (2) siswa sudah tidak ada lagi yang bermalas-malasan di dalam kelas. (3) siswa lebih bertanggung jawab atas dirinya dan kelompoknya. (4) terdapat motivasi dalam dirinya untuk belajar dengan sungguh-sunguh. (5) Motivasi belajar yang tinggi membuat hasil belajar mereka meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan motivasi dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Dengan begitu disarankan (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi di MA Islamiyah sidoarjohendaknya menerapkan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan salah satunya menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT dikolaborasikan dengan model Make A Match supaya motivasi belajar siswa menjadi tinggi hingga dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran menjadi lebih aktif dan lebih berpusat pada siswa (student oriented). (2) Bagi sekolah hasil penelitian ini hendaknya menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru supaya dapat mendukung hasil belajar siswa.(3) bagi peneliti lain hendaknya dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi ajar yang berbeda supaya mendapat hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39584

Actions (login required)

View Item View Item