Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Talk Write untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agnes Oktavilani Bambang Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Talk Write untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agnes Oktavilani Bambang Putri

Putri, Agnes Oktavilani Bambang (2016) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Talk Write untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agnes Oktavilani Bambang Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Agnes Oktavilani Bambang. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Laboratorium UM. Skrpsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Drs. Sapir Sos M.Si Kata kunci Think Talk Write (TTW) Aktivitas Hasil Belajar. Think Talk Write (TTW) merupakan teknik pembelajaran yang didasarkan pada pemahaman bahwa belajar adalah sebuah perilaku sosial. Dalam teknik pembelajaran ini peserta didik didorong untuk berpikir berbicara dan kemudiaan menuliskan berkenaan dengan suatu topik. Teknik ini merupakan sarana untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan pemahamnnya terhadap suatu konsep pada materi yang akan dipelajari melatih kemampuan berpikir dan berbicara sehingga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 3 di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 32 Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2016. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 83% menjadi 93% pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 67 79% menjadi 81 27% pada siklus II. Hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada siklus sebesar 25% dengan nilai rata-rata 60 meningkat sebesar 100% dengan nilai rata-rata 86. Dari analisa tersebut diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ketelaksanaan teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat pada siklus II dibandingkan dengan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat tepat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 3 di SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru ekonomi agar menggunakan teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) sebagai alternatif dan inovasi dalam pembelajaran dikelas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis guna memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) namun dengan subyek penelitian dan lokasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39574

Actions (login required)

View Item View Item