Pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Maarif Singosari tahun pelajaran 2015/2016 / Lucy Noviantari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Maarif Singosari tahun pelajaran 2015/2016 / Lucy Noviantari

Noviantari, Lucy (2016) Pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Maarif Singosari tahun pelajaran 2015/2016 / Lucy Noviantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviantari Lucy. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XIIPS MA Al-Maarif Singosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si. (2) Drs. H. Sapir S.Sos. M.Si. Kata Kunci kebiasaan belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah hasil belajar. Belajar merupakan proses bagi siswa yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan tidak paham menjadi paham.Proses belajar siswa yang baik dapat menjadikan suatu kebiasaan belajar siswa yang baik yang dapat terlihat dengan cara belajar yang efektif sehingga menjadikan hasil belajar baik. Cara belajar yang efektif inilah yang merupakan proses belajar bagi siswa dan penting untuk diperhatikan. Selain itu keberadaandanpemanfaatanperpustakaansekolahmerupakansuatuhal yangwajibadadalamsebuahlembagaataulingkunganpendidikan. Karenaperanperpustakaansekolahadalahsebagaigudangilmudanbahanbacaanyang berkaitandenganduniapendidikanmaupunpengetahuanumum sehinggadiharapkandapatmemudahkansiswadalammencarireferensiataurujukansumberilmu yang sedangdipelajarinya. Sehingga pemanfaatanperpustakaansekolahitudiperlukanuntukmenunjang proses pembelajaran agar diperolehhasilbelajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. (2) pengaruh pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. (3) pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di MA AL-Maarif Singosari pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa kelas XI IPS sebanyak 108 siswa.Sedangkan jumlah sampel sebesar 85 siswa ditentukan menggunakan rumus Slovin dan untuk menentukan proporsi sampel dari tiap kelas peneliti menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik uji hipotesis sumbangan efektif dan koefisien determinasi dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial kebiasaan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA AL-Maarif Singosari dengan nilai thitung sebesar 2 466 ttabelsebesar 1 66365 secara parsial juga menujukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomisiswa kelas XI IPS di MA AL-Maarif Singosari dengan nilai thitung sebesar 2 525 ttabel sebesar 1 66365. Sedangkan secara simultan menujukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA AL-Maarif Singosari. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitungsebesar 18 785 l Ftabelsebesar 3 11. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. (2) terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. (3) terdapat pengaruh kebiasaan belajar siswa dan pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al-Maarif Singosari pada tahun pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah (1) bagi sekolah membuat sistem manajemen pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa untuk memperoleh sumber belajar yang relevan.(2) bagi guru diharapkan guru memberikan motivasi kepada siswa untuk membiasakan belajar yang baik dan menjalin kerjasama yang baik antara siswa dan guru untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik dan guru juga perlu mengadakan pembelajaran di perpustakaan sekolah atau menugaskan siswa untuk mencari referensi di perpustakaan sekolah agar siswa terbiasa mengunjungi perpustkaan sekolah. (3) untuk peneliti selanjutnya Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah karena pengaruhnya terhadap hasil belajar lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39555

Actions (login required)

View Item View Item