Fatmawati, Kurnia (2016) Pengaruh minat belajar, disiplin belajar, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016 / Kurnia Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatmawati Kurnia. 2016. Pengaruh Minat Belajar Disiplin Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS MAN 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si. (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div. M.E. Kata Kunci minat belajar disiplin belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah hasil belajar Belajar merupakan suatu proses interaksi antara faktor internal dan eksternal seseorang sehingga terjadi perubahan tingkah laku. Dengan adanya proses belajar maka terjadilah perubahan mental pada diri siswa. Setelah melakukan proses belajar maka siswa akan memperoleh suatu hasil belajar. Sehingga hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan yang dicapai siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah minat belajar dan disiplin belajar. Minat belajar merupakan ketertarikan siswa untuk belajar sesuatu yang disukainya sehingga siswa tersebut belajar dengan penuh rasa senang. Sedangkan disiplin belajar mengarah pada kemampuan siswa untuk membuat rencana belajar yang baik dapat mengatasi godaan-godaan yang mengganggu kegiatan belajar baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri sendiri serta menaati peraturan atau tata tertib di lingkungan sekolah. Sementara itu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah keadaan fasilitas atau perlengkapan di sekolah. Kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila fasilitas belajar yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal. Salah satu fasilitas belajar yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa adalah perpustakaan sekolah. Pemanfaatan perpustakaan sekolah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk menunjang kegiatan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016 (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016 (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016 dan (4) untuk mengetahui pengaruh minat belajar disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN 1 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 62 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 54 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif uji normalitas analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik uji hipotesis sumbangan efektif dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah (X3) terhadap hasil belajar (Y) mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 dan (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar (X1) disiplin belajar (X2) dan pemanfaatan perpustakaan sekolah (X3) terhadap hasil belajar (Y) mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini adalah (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi disarankan agar dapat memotivasi siswa untuk tetap memiliki minat belajar yang tinggi serta memanfaatkan perpustakaan sekolah (2) bagi MAN 1 Malang disarankan agar dapat meningkatkan fasilitas belajar yang menunjang belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi serta penegakan disiplin secara konsisten dan intensif baik di sekolah maupun di dalam kelas agar tercipta suasana belajar yang kondusif (3) bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis diharapkan dapat memperluas dan menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar di luar penelitian ini sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan tentang variabel-variabel yang berpengaruh terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39554 |
Actions (login required)
View Item |