Ristyawati, Firda (2016) Pengaruh minat belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang / Firda Ristyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ristyawati Firda. 2016. Pengaruh Minat Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M. Si. (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S. Th. M. Div. M. E. Kata Kunci Minat Belajar Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pendidikan merupakan cara yang dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan kemampuan diri baik itu kemampuan kognitif afektif maupun psikomotor. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peningkatan kemampuan diri siswa melalui proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya minat belajar dan keaktifan siswa. Seorang siswa yang mempunyai minat belajar dalam dirinya akan memiliki perasaan senang perhatian ketertarikan dan keterlibatan saat kegiatan pembelajaran ekonomi. Minat belajar yang dimiliki oleh siswa juga dapat bermanfaat untuk menambah kegiatan belajarnya dan pada akhirnya dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Seorang siswa yang aktif dalam proses pembelajaran dapat belajar secara mandiri sehingga cepat memahami materi pelajaran ekonomi. Keaktifan siswa secara fisik maupun mental sangat penting karena pengetahuan sikap dan keterampilan tidak bisa diperoleh begitu saja melainkan perlu adanya kegiatan siswa dalam memperolehnya. Siswa yang memiliki minat belajar dan keaktifan yang tinggi maka dapat memperoleh hasil belajar yang tinggi pula. Tujuan penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang (3) untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan keaktifan siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X dan XI jurusan IIS yang berjumlah 197 siswa. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 132 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda uji t dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang dengan sumbangan efektif sebesar 20 06%. Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang dengan sumbangan efektif sebesar 33 34%. Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar dan keaktifan siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang dengan sumbangan efektif sebesar 53 40%. Sedangkan sisanya sebesar 46 60% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi sekolah sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa untuk menumbuhkan minat belajar dan keaktifan siswa (2) bagi guru sebaiknya melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran agar dapat menciptakan minat belajar dan keaktifan siswa (3) bagi siswa sebaiknya lebih meningkatkan kembali minat belajarnya dan aktif dalam kegiatan pembelajaran agar mempengaruhi kualitas hasil belajar yang diperoleh (4) Bagi peneliti yang akan melakukan penelitiansejenis disarankan mengembangkan secara lebih mendalam variabel penelitian lain yang terkait dengan variabel keaktifan siswa yang memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39553 |
Actions (login required)
View Item |