Pengaruh pemahaman dasar ekonomi (economic literacy), pendidikan ekonomi dalam keluarga dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku kinsumsi siswa SMA kelas XI IIS di SMAN 2 Batu tahun 20156/2016 / Muhammad Zainul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman dasar ekonomi (economic literacy), pendidikan ekonomi dalam keluarga dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku kinsumsi siswa SMA kelas XI IIS di SMAN 2 Batu tahun 20156/2016 / Muhammad Zainul Arifin

Arifin, Muhammad Zainul (2016) Pengaruh pemahaman dasar ekonomi (economic literacy), pendidikan ekonomi dalam keluarga dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku kinsumsi siswa SMA kelas XI IIS di SMAN 2 Batu tahun 20156/2016 / Muhammad Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin M. Zainul. 2015. Pengaruh Pemahaman Dasar Ekonomi (Economics literacy) Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMA Kelas XI IIS di SMAN 2 Batu Tahun 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M. Div M.E (2) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd Kata Kunci pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) pendidikan ekonomi dalam keluarga kelompok teman sebaya perilaku konsumsi. Kemajuan teknologi dan terbukanya pasar bebas menyebabkan banyaknya barang-barang pilihan konsumsi dan banyaknya peluang untuk mengkonsumsi barang. Agar dapat mengendalikan perilaku konsumsinya maka dibutuhkan pengetahuan dasar ekonomi yang baik. Pemahaman yang di dapat siswa di SMAN 2 Batu termasuk cukup baik. Selain itu peran orang tua dalam mendidik anaknya sangat dibutuhkan. Pendidikan keluarga yang diperoleh di SMAN 2 Batu cukup baik. Selain itu pergaulan teman sebaya sangat mempengaruhi perilaku seseorang terutama dalam hal berkonsumsi. Pergaulan antar siswa di SMAN 2 Batu cukup baik. Namun perilaku konsumsi di SMAN 2 Batu cukup konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) pendidikan ekonomi dalam keluarga dan kelompok teman sebaya baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun bersama-sama (simultan) terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMAN 2 Batu Tahun 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS di SMAN 2 Batu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 133 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Data dianalisis dengan deskripsi data analisis uji asumsi klasik analisis regresi linier berganda uji hipotesis dengan uji t dan uji F serta uji r square dengan bantuan progam SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumsi siswa (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa (4) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) pendidikan ekonomi dalam keluarga dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada (1) pihak sekolah dapat menghimbau kepada para pendidik dan orang tua siswa untuk meningkatkan kualitasnya dan mendidik anaknya (2) pendidik diharapkan menyampaikan materi ekonomi dengan baik (3) orang tua siswa diharapkan meningkatkan intensitas pendidikan ekonomi (4) siswa diharapkan lebih selektif dalam memilih teman akrab (5) penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti di luar variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39542

Actions (login required)

View Item View Item