Kusumawati, Venny Puspasari (2016) Keefektifan penggunaan media presentasi audio visual sebagai alat bantu pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang / Venny Puspasari Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumawati.Venny Puspasari 2016. Keefektifan Penggunaan Media Presentasi Audio Visual Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMA Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang. skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si. (2) Drs.H.Achmad Ali Wafa M.Pd Kata kunci Media presentasi audio visual Hasil Belajar. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pengajaran. Karena dengan tersdianya media pembelajaran akan memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi yang diberikan oleh guru. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan ntuk meningkatkan hasil belajar adalah Media audio visual yang digunakan sebagai media yang menyajikan pengalaman yang kongkret melalui visualisasi dengan tujuan antara lain untuk memperkenalkan memperkaya atau menjelaskan konsep yang abstrak dan mendorong kegiatan pembelajaran yang lebih lanjut.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Bululawang yang diajar menggunakan media audio visual dan yang diajar tanpa menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan ekseperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMAN 1 Bululawang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 128 siswa. Sedangkan pemilihan sampel dilakukan dengan tekniksampling purposive yang terdiri 2 kelas dimana kelas X IIS 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media presentasi audiovisual sedangkan X IIS 3 dijadikan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran tanpa menggunakan media presentasi audiovisual (ceramah). Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang berjumlah 10 soal yaitu 5 pilihan ganda dan 5 esai. Analisis data menggunakan rata-rata dan uji t dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan media presentasi audio visual dalam mata pelajaran ekonomi. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa pemberian perlakuan menggunakan media presentasi audio visual sebagai alat bantu pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS semester genap di SMAN 1 Bululawang. Disarankan bagi guru agar lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran dan memanfaatkan LCD yang sudah tersedia. Karena dengan menggunakan media presentasi audio visual dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan sehingga menimbulkan hasil belajar yang lebih baik. Penggunaan media presentasi audiovisual dapat dijadikan alternatif dan acuan perbaikan dalam pembelajaran khususnya dalam bidang mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39518 |
Actions (login required)
View Item |