Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Jombang / Huzmatul Hariroh Wirdatusalis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Jombang / Huzmatul Hariroh Wirdatusalis

Wirdatusalis, Huzmatul Hariroh (2016) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Jombang / Huzmatul Hariroh Wirdatusalis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wirdatusalis HuzmatulHariroh. 2016. PengaruhPemanfaatanFasilitasBelajar di SekolahdanMotivasiBelajarterhadapHasilBelajar Mata PelajaranEkonomiKelas XI di SMA Negeri 2 Jombang.Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan Program Studi S1 PendidikanEkonomi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang Pembibing (1) Drs. Mardono M.Si. (II) Drs. PrihHardinto M.Si. Kata Kunci PemanfaatanFasilitasBelajar di Sekolah MotivasiBelajar HasilBelajar Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belaja rsiswa dapat dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya faktor internal yaitu kesehatan cara belajar minat dan motivasi serta faktor eksternal yaitu keluarga sekolah masyarakat. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah faktor internal dan faktor eksternal yaitu pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar.Dengan ketersediaan fasilitas belajar di sekolah diharapkan akan mempermudah siswa dalam belajar dan motivasi siswa dalam diri siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Jombang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Jombang yang menperoleh pelajaran ekonomi dengan porsi yang sama baik secara materi maupun jumlah jam pelajaran yang berjumlah 159 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik Propotional random sampling sehingga diperoleh 114 responden dan pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Hasil dar iuji t diperoleh nilai signifikansi 0 000. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa semakin baik memanfaatakan fasilitas belajar di sekolah oleh siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh. Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Berdasarkan hasil uji t diperoleh signifikansi t hitung0 000. Berdasarkan uji F diperoleh nilai signifikansi pada level 0 000. Hal inimenunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Adapun besarnya pengaruh tersebut adalah 53 3% dan sisanya 46 7% dipengaruhi olehvariabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan pada hasil penelitian dihimbau kepada pihak sekolah akan lebih memperhatikan kualitas fasilitas pendidikan yang ada serta memanfaatkan fasilitas belajar dengan maksimal dan memotivasi siswa untuk belajar dalam usaha peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39515

Actions (login required)

View Item View Item