Pratama, Yuda Adi (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share dipadu dengan pembelajaran cooperative script sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XIIS 1 SMA Antartika Sidoarjo semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Y. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratama Yuda Adi. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share Dipadu Dengan Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS1 SMA Antartika Sidoarjo Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 . Skripsi Program S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Cooperative Script Keaktifan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Antartika Sidoarjo diketahui bahwa metode mengajar yang digunakan guru mata pelajaran ekonomi masih tradisional (ceramah dan tanya jawab) serta tidak ada variasi siswa-siswi kelas X IIS cenderung pasif ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran ekonomi minimalnya penggunaan sumber belajar (buku) dan nilai UTS siswa-siswi masih rendah serta banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 78 yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahap di masing-masing siklusnya yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS1SMA Antartika Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa terdiri dari 23 laki-laki dan 25 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi wawancara lembar observasi guru lembar observasi siswa soal tes catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengan cooperative script pada siklus I adalah sebesar 83% dan meningkat 11% pada siklus II menjasi 94% keaktifan siswa pada siklus I adalah sebesar 72% dan meningkat sebesar 15% menjadi 87% paa siklus II hasil belajar ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan sebesar 83% dan rata-rata nilai kelas sebesar 82 5 meningkat menjadi 98% dengan rata-rata 84 1 pada siklus II. Pada ranah afektif siklus I persentase ketuntusan sebesar 33% dan rata-rata nilai kelas sebesar 72 meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 87 pada siklus II. Sedangkan pada ranah psikomotor siklus I persentase ketuntasan sebesar 21% dan rata-rata nilai kelas sebesar 69 2 meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 85 86 pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengan cooperative script 17 siswa merespon dengan sangat baik dan 31 siswa merespon dengan baik. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengancooperative scriptdapat diterapkan dengan baik di kelas X IIS1 SMA Antartika Sidoarjo. Penerapan pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengancooperative scriptpada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS1 SMA Antartika Sidoarjo dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS1SMA Antartika Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016. Secara keseluruhan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatifmetode think pair share dipadu dengan cooperative script adalah baik. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran Ekonomi SMA Antartika Sidoarjo disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengan cooperative script karena metode ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan tingkat keaktifan siswa. (2) Untuk kesempuranaan penerapan pembelajaran metode think pair share dipadu dengan cooperative script ini maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap meringkas menjawab soal studi kasus dan mempresentasikannya. (3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran kooperatif metode think pair share dipadu dengan cooperative script pada mata pelajaran lainnya. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39514 |
Actions (login required)
View Item |