Pengaruh modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Malang / Novia Dwi Kristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Malang / Novia Dwi Kristiani

Kristiani, Novia Dwi (2016) Pengaruh modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Malang / Novia Dwi Kristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristiani Novia Dwi. 2015. Pengaruh Modernitas Individu Dan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. A. Ali Wafa M.Pd (II) Thomas Soseco S.E M.Sc Kata Kunci Modernitas Individu Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah dan Hasil Belajar. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai sesuatu yang diinginkan yaitu hasil belajar yang memuaskan. Modernitas Individu dan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah merupakan faktor-faktor pendukung hasil belajar. Modernitas Individu yang tinggi dan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah yang baik diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh modernitas individu terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 3 Malang (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 3 Malang (3) pengaruh modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Malang yang berjumlah 41. Sampel diambil sebanyak 34 siswa menggunakan sampel (teknik sampling) Nonprobability Sampling dengan Sampling Jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modernitas individu (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti modernitas individu berpengaruh terhadap hasil belajar. (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 021) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar. (3) pengaruh modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar diperoleh signifikansi F pada uji simultan (Anova) sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran yang diajukan adalah (1) Disarankan untuk pendidik agar membantu siswa dalam memperluas pengetahuan dan wawasan yang positif dalam hal pendidikan (2) Siswa sebaiknya dapat berpikiran terbuka dan mandiri dalam hal belajar dan memanfaatkan perpustakaan dengan baik (3) Penulis lain hendaknya meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar di luar variabel modernitas individu dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39509

Actions (login required)

View Item View Item