Hidayat, Imam (2016) Pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMPN 1 Mojowarno Jombang tahun ajaran 2015/2016 / Imam Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayat Imam. 2015. Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VII SMPN 1 Mojowarno Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E.Ak M.P (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci pengelolaan kelas prestasi belajar mata pelajaran ips terpadu Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Hak memperoleh pendidikan setiap warga negara harus didukung pula oleh pemerintah yang dalam hal ini adalah lembaga atau instansi pendidikan. Oleh karena itu hak akan memperoleh pendidikan akan terwujud dengan baik ketika adanya kolaborasi antara penyelenggara pendidikan dengan pengampu pendidikan. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam proses belajar mengajar karena guru merupakan komponen utama yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini berjudul Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VII SMPN 1 Mojowarno Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. Permasalahan yang diambil oleh peneliti adalah apakah ada pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi hubungan yang tujuannya untuk memaparkan secara objektif mengenai pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa dari 3 kelas VII yang diambil secara acak dari 9 kelas yang ada dengan jumlah populasi total kelas VII berjumlah 288 siswa. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket dengan sejumlah pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum angket tersebut disebarkan angket diujikan terlebih dahulu sehingga angket tersebut benar-benar valid dan reliabel. Pengumpulan data juga didukung dengan observasi di sekolah untuk siswa sertas dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa profil sekolah dll. Peneliti dalam pengolahan datanya menggunakan bantuan perhitungan dengan Program SPPS 16 For Windows dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar sebesar (9 968 1 98552) yang berarti bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dengan kesimpulan Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Hasil tersebut menyatakan bahwa pengelolaan kelas dengan indikator pengelolaan siswa dan pengelolaan fasilitas atau fisik kelas mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu kelas VII SMPN 1 Mojowarno Jombang tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39504 |
Actions (login required)
View Item |