Pengembangan media pembelajaran interaktif pengenalan hiragana dan katakana mata pelajaran bahasa Jepang kelas X semester ganjil SMK Negeri 12 Malang / Vittaliyah Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pengenalan hiragana dan katakana mata pelajaran bahasa Jepang kelas X semester ganjil SMK Negeri 12 Malang / Vittaliyah Agustin

Agustin, Vittaliyah (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif pengenalan hiragana dan katakana mata pelajaran bahasa Jepang kelas X semester ganjil SMK Negeri 12 Malang / Vittaliyah Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Bahasa Jepang Media interaktif ini masih terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan adapun kelebihan dari media ini adalah (1) dapat digunakan secara individu (2) dalam menggunkan media ini tidak memakan banyak waktu (3) bahan ajar media bersifar interaktif sehingga peserta didik akan langsung mendapatkan feedback (balikan) dari media ini. Sedangkan kekurangan pada media ini masih terbatas pada pokok materi pengenalan huruf hiragana dan katakana. Selain itu selama ini strategi pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku teks yang ada pola pembelajaran tradisonal yang hanya mengandalkan pedidik dan buku teks sebagai pedoman sebagai satu-satunya sumber informasi sehingga dengan digunakannya media interaktif akan memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Media merupakan suatu penghatar pesan dalam menyampaikan informasi makna informasi disini bisa diartikan sebagai materi pada proses pembelajaran. Sedangkan media interaktif adalah media yang dapat menyampaikan informasi yang langsung secara dua arah yang berarti terjadi interaksi secara langsung dengan pebelajar. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media interaktif yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran Bahasa Jepang kelas X di SMK Negeri 12 Malang. Data pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan instrument berbentuk angket kepada ahli media ahli materi dan audiens (peserta didik). Data tersebut diolah untuk dianalisis dan disimpulkan tingkat kevalidan dan efektivitasnya. Metodologi yang digunakan dengan menggunakan ADDIE yang pada tahapannya hanya dilakukan beberapa tahapan saja antara lain (1) Analisis (2) Design dan (3) Development. Untuk tahapan Implementasi dan Evaluasi tidak dilakukan dikarenakan produk yang dibuat masih prototime bukan produk akhir. Media pembelajaran interaktif ini diujikan kepada ahli media sebanyak 1 orang. ahli materi sebanyak 1 orang dan 40 peserta dididk SMK Negeri 12 Malang sebagai audiens. Sehingga didapatkan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini dikemukakan sebagai berikut. Ujicoba ahli media didapat presentase 85% berdasarkan kriteria hasil kelayakan media pembelajaran ini termasuk kualifikasi Uji coba ahli materi didapat presentasi 80% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualisifikasi valid uji coba peserta didik perorangan didapat presentasi 87% kesimpulan berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba peserta didik kelompok kecil didapat persentase 84% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba peserta didik kelompok besar didapat persentase 83% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaan Interaktif Pelajaran Bahasa Jepang untuk SMK Negeri 12 Malang kelas X valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dikembangkan untuk digunakan pada proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item