Komariatun, Siti (2015) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang / Siti Komariatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Komariatun Siti. 2015. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universiras Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo M.Ec Kata kunci Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ekonomi Negara Indonesia memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan sehingga pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3 UU tersebut menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui pendidikan karakter yang diiimplementasikan dalam institusi pendidikan diharapkan krisis degradasi karakter atau moralitas anak bangsa bisa segera teratasi sehingga terlahir generasi bangsa dengan ketinggian budi pekerti atau karakter yang baik. Dalam hal ini jelas tugas guru tidak hanya mentransfer ilmu saja tetapi juga menerapkan pendidikan karakter. Penerapan pendidikan karakter dimulai dari memasukkan nilai-nilai karakter dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan kemudian menerapkan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenologi dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Pengambilan lokasi dalam penelitian ini yaitu di SMA Negeri 2 Malang dengan mengambil subyek guru ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama nilai-nilai pendidikan karakter sudah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran ekonomi dan diimplementasikan oleh guru ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang melalui disisipkannya nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam perencanaan proses pembelajaran yaitu silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru ekonomi. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas implementasi nilai-nilai pendidikan karakter sudah dilakukan dengan baik meski sering tidak disadari oleh peserta didik. Sedangkan untuk persepsi guru mata pelajaran ekonomi tentang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter sangatlah penting untuk diterapkan karena nilai-nilai pendidikan karakter ini membentuk watak perilaku dan karakter peserta didik. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di dalam kelas dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yakni 1) kegiatan pendahuluan 2) kegiatan inti dan 3) kegiatan penutup. Selain implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas SMA Negeri 2 Malang juga memfasilitasi Ekstrakulikuler sebagai penunjang terimplementasinya nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dengan tujuan agar terbentuk karakter peserta didik yang lebih baik lagi. Kedua Faktor pendukung implementasi nilai-nilai pendidikan karakter adalah semua pihak sekolah yang berupa penerapan pembiasaan kehidupan keseharian baik untuk guru ataupun untuk peserta didik tersedianya menejemen berbasis sekolah dan berbasis kinerja yang tercover dalam sistem SKS (Sistem Kredit Semester) penyediaan fasilitas program kegiatan berbasis partisipasi alumni dan pemanfaatan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter ini adalah fasilitas atau sarana prasarana seperti ketersediaan buku bahan ajar yang terbatas perkembangan zaman yang serba IT faktor lingkungan (teman sebaya) dan kurangnya kesadaran peserta didik bahwa nilai-nilai pendidikan karakter sudah diimplementasikan dengan baik oleh guru mata pelajaran khususnya pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39443 |
Actions (login required)
View Item |