Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan examples non examples dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang / Linda Sulistian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan examples non examples dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang / Linda Sulistian

Sulistianingsih, Linda (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan examples non examples dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang / Linda Sulistian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistianingsih Linda. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Team Achievement Division (STAD) Dipadukan Examples Non Examples Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. (II) Drs. Mardono M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Team Achievement Division (STAD) Examples Non Examples Pendekatan Kontekstual Hasil Belajar Siswa. Pembelajaran yang kurang menarik dapat membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran harus berusaha untuk membuat pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan metode pembelajaran lebih bervariasi. Sehingga pembelajaran akan mudah diterima oleh siswa dan dapat mengurangi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa. Penelitian ini memfokuskan pada penerapan perpaduan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan Examples Non Examples dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri tiga pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan tes dan dokumentasi. Data yang diuji dalam penelitian ini adalah soal tes dengan menggunakan uji validitas realibitas analisis tingkat kesukaran dan analisis daya pembeda soal. Hasil dari analisis data yang dilaksanakan diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan Examples Non Examples dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 yang dilihat dari hasil belajar siswa dari ranah kognitif dan ranah afektif siswa. Pada siklus 1 presentase ketuntasan 62 06 % dengan rata-ratanya sebesar 79 31 sedangkan pada siklus 2 presentase ketuntasan 82 75% dengan rata-rata 85 51. Rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus 1 69 11 sedangkan pada siklus 2 yaitu 92 24. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39422

Actions (login required)

View Item View Item