Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Maya Andri Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Maya Andri Kurniawati

Kurniawati, Maya Andri (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang / Maya Andri Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Maya Andri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Dr. Nasikh SE. M.P. M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Berpikir Kritis Hasil Belajar. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang berorientasi pada masalah dunia nyata yang berkaitan dengan penggunaan kecerdasan baik dari dalam individu maupun kelompok. Dari masalah yang diberikan peserta didik mencoba memecahkannya dengan pengetahuan yang mereka miliki sekaligus mencari informasi-informasi yang relevan untuk solusinya. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 3 yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 88% menjadi 96% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 75% menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 33% dengan nilai rata-rata 75 meningkat sebesar 92% dengan nilai rata-rata 84. Sedangkan hasil belajar afektif peserta didik pada siklus I rata-rata yang diperoleh sebesar 73 meningkat menjadi sebesar 87 pada siklus II. Dari analisa tersebut diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik meningkat pada siklus II dibandingkan dengan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat tepat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru Ekonomi agar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai alternatif dan inovasi dalam pembelajaran dikelas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitan sejenis guna memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) namun dengan subyek penelitian dan lokasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39408

Actions (login required)

View Item View Item