Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan problems posing pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang / Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan problems posing pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang / Susanti

Susanti (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan problems posing pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang / Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang Dikolaborasikan dengan Problem Posing Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div. M.E Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Problem Posing Hasil Belajar Minat Belajar Pembelajaran Cooperative Learning (CL) merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menekankan pada kegiatan belajar peserta didik dengan berkelompok permainan dan pertandingan antar kelompok. Model pembelajaran Problem Posing menekankan pada kegiatan belajar peserta didik dengan diskusi bersama kelompok untuk membuat pertanyaan atau masalah dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Games Tournament yang dikolaborasikan dengan Problem Posing terhadap hasil belajar dan minat belajar ekonomi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data paparan adalah hasil belajar kognitif peserta didik meningkat dari siklus I 64% dengan rata-rata 79 96 menjadi 88% dengan rata-rata 82 52 pada siklus II. Minat belajar ekonomi peserta didik meningkat dari siklus I jumlah skor 1563 dengan rata-rata 62 52 pada siklus I menjadi 2169 dengan rata-rata 86 76 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisa tersebut diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian. Pertama keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model TGT dan Problem Posing meningkat pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Hal ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang. Kedua minat belajar ekonomi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga penerapan pembelajaran ini cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang. Ketiga hasil belajar ekonomi peserta didik pada siklus II meningkat daripada siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang. Kesimpulannya adalah penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan Problem Posing dapat diterapkan dengan baik dan dapat meingkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IIS 2 SMA N 9 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39382

Actions (login required)

View Item View Item