Arifin, Syamsul (2015) Pengaruh pemanfaatan gadget smartphone dan fasilitas belajar sekolah terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IIS Negeri 6 Malang / Syamsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifin Syamsul. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Fasilitas Belajar Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. (2) Dr. Sugeng Hadi utomo M.Ec . Kata kunci Gadget smartphone fasilitas belajar sekolah Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan terus mengalami perkembangan dan perbaikan agar proses pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efesien yaitu dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi yang berupa gadget smartphone dan memanfaatkan fasilitas belajar yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Pemanfatan gadget smartphone dan pemanfaatan fasilitas belajar sekolah berperan penting sebagai sumber belajar dan mendukung proses pembelajaran menjadi nyaman agar terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh pemanfaatan gadget smartphone terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang. (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar sekolah terhadap hasil belajar kelas XII IIS SMAN 6 Malang. (3) pengaruh pemanfaatan gadget smartphone dan pemanfaatan fasilitas belajar sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Variabel dalam penelitian ini meliputi pemanfaatan gadget smartphone dan pemanfaatan fasilitas belajar sekolah sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Malang populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 6 Malang dan pengambilan sampel menggunakan sampel secara acak dengan sampel yang digunakan sebanyak 93 responden analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sedangkan untuk uji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan kesluruhan analisis menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan gadget smartphone dan pemanfaatan fasilitas belajar sekolah baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada kelas XI IIS SMAN 6 Malang. Maka penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu bagi siswa untuk memanfaatkan smartphone yang dimiliki sebagai sumber belajar dan memanfaatkan fasilitas belajar sekolah yang meliputi perpustakaan dan media pembelaaran telah disediakan oleh sekolah secara maksimal dan bagi guru harus menjadi fasilitator untuk para siswa dan mendorong siswa untuk memanfaatkan smartphone yang siswa miliki dan memanfaatkan fasilitas belajar sekolah. Serta pihak Sekolah harus memperhatikan kebutuhan fasilitas perpustakaan dan media pembelajaran bagi siswa dan harus mensosialisasikan pentingnya perkembangan teknologi khususnya perkembangan smartphone sebagai sumber belajar yang efektif dan efesien dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39372 |
Actions (login required)
View Item |