Arifiani, Aulia Rizka (2014) Studi kasus penyebab kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi (kasus pada siswa kelas X IIS SMA Tamansiswo Malang) / Aulia Rizka Arifiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifiani Rizka A. 2014. Studi Kasus Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Kasus Pada Siswa Kelas X IIS SMA Tamansiswa Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div. M.Si Kata Kunci Penyebab Kesulitan Belajar Ekonomi Mata Pelajaran Ekonomu 12288 12288 12288 12288 Mata Pelajaran Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Belajar ekonomi memegang peranan penting karena ekonomi merupakan lifeskills. Ekonomi sebagai lifeskills mengorientasikan siswa untuk memiliki kemampuan dan modal dasar agar dapat hidup mandiri dan survive di lingkungannya. Pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar hal ini dikarenakan beberapa faktor. Factor yang paling dominan adalah factor lingkunga keluarga. Factor lingkungan keluarga ini dapat dilihat dari cara didik orang tua relasi antaranggota keluarga contoh atau bimbingan dari orangtua suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan keluarga manakah yang berpengaruh dalam kesulitan belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Tamansiswa Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang mengalami kesulitan belajar 1 Guru BK dan 1 Guru Ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap display data dan tahap verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar ekonomi siswa terletak pada materi yang terdapat rumus-rumus hitungan dan kurva serta faktor keluarga yang kurang mendukung. Solusi dari guru untuk mengatasi kesulitan belajar adalah dengan memotivasi siswa agar yakin dalam mengerjakan soal hitungan rumus dan kurva menitikberatkan padacara membaca kurvadan memperdalam mengajari materi yang terdapat hitungandanmembuat kartuberisi rumus-rumusekonomi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar ekonomi siswa terletak pada materi yang terdapat rumus-rumus hitungan dan kurva serta faktor keluarga yang kurang mendukung. Saran untuk guru adalah mencari solusi untuk mengatasi kesulitan belajar ekonomi siswa. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39312 |
Actions (login required)
View Item |