Kertiyasa, Achmad Halim Indra (2013) Permasalahan pembelajaran ekonomi dan solusi pemecahannya (studi kasus pada guru-guru ekonomi di SMA Negeri Kota Mojokerto) / Achmad Halim Indra Kertiyasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kertiyasa Ahcmad Halim Indra. 2013. Permasalahan Pembelajaran Ekonomi dan Solusi Pemecahannya (Studi Kasus Pada Guru-Guru Ekonomi di SMA Negeri Kota Mojokerto). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M E (II) Drs. H. Sapir S. Sos MSi. Kata Kunci Permasalahan pembelajaran ekonomi solusi pemecahannya Permasalahan pembelajaran ekonomi yang dihadapi guru ekonomi harus mendapatkan perhatian. Berbagai masalah tersebut antara lain adalah sering ditemukan guru-guru ekonomi yang kurang mengena untuk menghubungkan relevansi pelajaran dengan kenyataan praktis dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain dalam mengeksplorasi bahan pembelajaran situasi dan kondisi belajar yang tidak nyaman dan kurang variatif seperti penggunaan metode ceramah yang kerap digunakan guru minimnya penggunaan media para guru cenderung menggunakan model konvensional sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konservatif. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan teknik pengambilan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi berbagai permasalahan pembelajaran ekonomi yang dihadapi guru-guru ekonomi di SMA Negeri Kota Mojokerto adalah permasalahan dalam menyampaikan materi pembelajaran masih ada siswa yang tidak memiki buku paket permasalahan guru dalam penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah dimana guru harus mencari media yang cocok digunakan dalam pembelajaran masih ada sekolah yang memiliki LCD jumlahnya terbatas permasalahan dalam menggunakan metode pembelajaran guru berusaha melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif pada siswa alokasi waktu yang permasalahan dalam evaluasi pembelajaran yaitu ketika hasil belajar yang dicapai siswa di bawah SKM (Standar Ketuntasan Belajar) permasalahan peserta didik yaitu karakteristik siswa dengan kemampuan rata-rata menengah ke bawah siswa kelas IPS ternyata masih menjadi second class hampir di semua sekolah permasalahan administrasi pembelajaran yaitu alokasi waktu yang tersedia. Sedangkan dari berbagai masalah di atas para guru mencari solusi pemecahanya dengan mewajibkan siswa membawa buku paket menggunakan LCD bergantian dengan guru yang lain selain itu dikombinasi dengan penggunaan media lain penggunaaan metode yang bervariasi disesuaikan dengan kondisi kelas kemudian diakhir jam pelajaran guru bertanya kepada siswa siapa yang kurang paham terhadap materi yang dijelaskan melaksanakan remidi dan selalu memotivasi siswa Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah guru harus menyiapkan pembelajaran mulai dari perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran rumitnya pembuatan perangkat dan penilaian merupakan konsekuensi pekerjaan seorang guru dan tanggung jawab yang memang harus dilakukan. Sedangkan bagi dinas pendidikan yang terkait jika setiap guru mendapatkan jam mengajar tidak lebih dari 12 jam pelajaran dalam satu minggu maka guru dapat lebih fokus dan optimal dalam melaksanakan tanggung jawabnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39262 |
Actions (login required)
View Item |