Pengaruh lingkungan belajar, kecerdasan emosi, dan pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang / Dian Rachmawati S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar, kecerdasan emosi, dan pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang / Dian Rachmawati S.

Rachmawati S., Dian (2013) Pengaruh lingkungan belajar, kecerdasan emosi, dan pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang / Dian Rachmawati S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suprapto Dian Rachmawati. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar Kecerdasan Emosi dan Pemanfaatan Waktu Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd (II) Drs. Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci lingkungan belajar kecerdasan emosi pemanfaatan waktu belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Kemajuan pesat dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi harus diiringi dengan kemajuan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan karena dengan mutu pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Pendidikan pada dasarnya tidak lepas dari kegiatan belajar karena belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam proses belajar setiap siswa pasti menginginkan hasil belajar yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang dilakukan. Siswa SMAN 2 Lumajang memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi. Sedangan faktor ekstern yang menjadi permasalahan adalah lingkungan belajar dan pemanfaatan waktu belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang (2) Pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang (3) Pengaruh pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang (4) Pengaruh lingkungan belajar kecerdasan emosi dan pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksplanatory Research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar kecerdasan emosi dan pemanfaatan waktu belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lumajang yang berjumlah 167 siswa diambil dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen dalam penelitian ini berupa closed questionare dan menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Analisis yang dipakai dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diketahui (1) Terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap hasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. (2) Terdapat pengaruh positif kecerdasan emosi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. (3) Terdapat pengaruh positif pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. (4) Lingkungan belajar kecerdasan emosi dan pemanfaatan waktu belajar secara simultan terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. 12288 12288 12288 12288 Adapun saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut (1) Sekolah harus lebih memaksimalkan kualitas pembelajaran ekonomi sebagai upaya meningkatan kualitas output sekolah serta mengadakan tes kecerdasan emosi setiap tahunnya. (2) Guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan arahan dan pemahaman kepada siswa terhadap materi ekonomi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (3) Orang tua hendaknya lebih memperhatikan dan mengawasi kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. (4) Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendorong siswa agar lebih meningkatkan kecerdasan emosi dan memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil belajar yang tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39260

Actions (login required)

View Item View Item