Pengaruh kelompok acuan dan persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Pamekasan / Ismi Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kelompok acuan dan persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Pamekasan / Ismi Hidayati

Hidayati, Ismi (2013) Pengaruh kelompok acuan dan persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Pamekasan / Ismi Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ismi Hidayati. 2013. Pengaruh Kelompok Acuan Dan Persepsi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Terhadap Pola Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pamekasan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono SE. M.P. Ak (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi S. M.E. M.Div Kata Kunci Kelompok Acuan Persepsi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Pola Konsumsi Seiring dengan dampak yang ditimbulkan oleh perdagangan bebas tersebut secara tidak langsung pola konsumsi masyarakat juga akan berubah dimana dengan banyak pilihan produk yang ditawarkan dengan harga yang murah pola hidup masyarakat akan berubah menjadi lebih konsumtif. Sama halnya dengan siswa SMA mereka juga akan ikut terpengaruh dengan keadaan tersebut yakni mereka akan lebih konsumtif dalam menkonsumsi suatu barang. Sejauh ini kecenderungan pola konsumtif siswa SMA lebih besar dipengaruhi oleh perilaku konsumtif dari teman sepergaulan dan sebagian besar juga dipengaruhi oleh iklan yang mereka lihat atau dengar dari berbagai media baik media elektronik maupun media cetak. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis pengaruh kelompok acuan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 2 PAMEKASAN 2) menganalisis pengaruh persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 2 PAMEKASAN 3) menganalisis pengaruh kelompok acuan dan pengaruh persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 2 PAMEKASAN. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 2 PAMEKASAN sebanyak 93 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkanpenelitian yang telah dilakukan dan dari data-data yang telah diolah maka dapat disimpulkan secara garis besar 1) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Pola Konsumsi Siswa Ada pengaruh positif kelompok acuan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI SMAN 2 Pamekasan. Hal ini disebabkan kelompok acuan yang ada dalam penelitian disini tidak begitu ikut andil dan mempengaruhi dalam keputusan berkonsumsi. 2) Pengaruh Persepsi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Terhadap Pola Konsumsi Siswa Ada pengaruh positif persepsi siswa yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI SMAN 2 Pamekasan hal ini disebabkan tingkat persepsi siswa yang ditimbulkan oleh iklan yang tinggi membuat pola konsumsi mereka cenderung tinggi. Hal ini bisa mempengaruhi keputusan siswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 3) Pengaruh Kelompok Acuan Dan Persepsi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Terhadap Pola Konsumsi Siswa Ada pengaruh positif dan simultan antara variabel kelompok acuan dan persepsi yang ditimbulkan oleh iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas XI SMAN 2 Pamekasan yang artinya keputusan mereka berkonsumsi barang atau jasa dipengaruhi oleh kedua variabel ini. Yang nantinya berdampak terhadap kebiasaan menabung dan keputusan lebih pentingnya membeli barang yang dibutuhkan atau yangdiinginkan terlebih dahulu yang harus dipenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka saran yang diberikan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagi Guru Guru dapat memberikan materi disertai studi kasus tentang pola hidup hemat dan manfaat menabung pada siswa. Disamping itu sebagai pendidik merupakan tugas guru untuk membimbing siswa agar dapat bersikap hati-hati dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan mempertahankan kepribadiannya sehingga siswa dapat mandiri dalam keputusan pembeliannya. Siswa tersebut tidak mudah terpengaruh oleh orang lain ataupun iklan yang ada di media cetak dan media elektronik dalam melakukan pembelian dengan demikian maka siswa akan mempunyai kepribadian yang kuat mandiri cerdas dan efisien dalam berkonsumsi. 2) Bagi Peneliti Selanjutnya Saran bagi peneliti selanjutnya yang berminat melakukan penelitian dengan topik yang sama diharapkan dapat memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini karena pada dasarnya masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap pola konsumsi siswa. Serta untuk peneliti selanjutnya dapat mengambil populasi yang lebih besar dari populasi penelitian ini dan dapat dilakukan di tempat/jenjang pendidikan yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39259

Actions (login required)

View Item View Item