Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Visal Watnadiandra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Visal Watnadiandra

Watnadiandra, Visal (2013) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Visal Watnadiandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Watnadiandra Visal. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Gaya Hidup Brand Minded Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak (II) Hj. Farida Rahmawati S.E. M.E. Kata Kunci Status Sosisal Ekonomi Gaya Hidup Teman Sebaya Perilaku Konsumtif. Faktor status sosial ekonomi orang tua memiliki kekuatan yang besar dalam menentukan sikap rasionalitas dalam berekonomi siswa. Latar belakang pendidikan dan status pekerjaan orang tua mempengaruhi siswa dalam hal berkonsumsi. Kebebasan mengakses info serta didukung dengan pergaulan teman yang mengikuti trend membuat siswa menjadi berubah konsumsinya menjadi berpeilaku konsumtif. Dari latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif (2) pengaruh gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif (3) pengaruh status sosial ekonomi orang tua gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 105 dengan menggunakan teknik pengambilan proportional random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda asumsi klasik uji t dan uji F pada program SPSS for Windows versi 18 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa (2) terdapat pengaruh gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa (3) terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilku konsumtif siswa. hasil analisis data melalui uji t yang diuraikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa dilihat pada sumbangan secara parsial sebesar 4 8% dan bernilai positif. Untuk gaya hidup brand minded teman sebaya berpengaruh secara secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa dilihat pada sumbangan secara parsial sebesar 8 3%. Secara simultan terdapat pengaruh antara variabel status sosial ekonomi orang tua gaya hidup brand minded teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang dilihat dari hasil analisis pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square (R2) 0 196 atau pengaruhnya sebesar 19 6 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item