Wicaksono, Dani Teguh (2013) Kolaborasi penerapan model pembelajaran mind mapping dan student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar / Dani Teguh Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Teguh Dani.2013.Kolaborasi Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar.Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Bambang Pranowo S.E. M.Pd. Ak. (2) Drs. Mardono. M.Si. Kata Kunci Mind Mapping Student Facilitator and Explaining Hasil belajar. 12288 12288 12288 Fenomena yang terjadi di lapangan SMP Negeri 10 Malang berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu dijumpai beberapa permasalahan salah satunya yaitu mengenai hasil belajar yang ditandai dengan data pada nilai UTS sebanyak 23 siswa dari 35siswa kelas VIIE masih mendapatkan nilai dibawah 75 sehingga dapat dikatakan sebanyak 65 7% siswa masih berada dibawah standart ketuntasan minimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kolaborasi penerapan model pembelajaran MindMapping dan Student Facilitatorand Explaining pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 10 Malang mata pelajaran IPS Terpadu dan apakah kolaborasi penerapan model pembelajaran MindMapping dan Student Facilitatorand Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 10 Malang kelas VIIE pada mata pelajaran IPS Terpadu materi Kegiatan Produksi Distribusi dan Konsumsi tahun ajaran 2012/2013. 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Alat pengumpulan data menggunakan tes lembar observasi lembar catatan lapangan dan nilai-nilai yang bersangkutan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIE SMPN 10 Malang tahun ajaran 2012/2013. 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapat hasil pretest pada siklus I menunjukkan bahwa hanya terdapat 8 anak dari 34 siswa yang tuntas jadi hanya sekitar 24% siswa yang tuntas. Untuk hasil belajar rata-rata siswa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 64 15 dengan nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 88. Hasil posttest pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 22 anak dari 33 siswa yang tuntas hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 59% menjadi 67%. Untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai posttest siswa sebesar 76 72 dengan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 94 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan.Hasil pretest pada siklus II menunjukkan bahwa hanya terdapat 16 anak dari 30 siswa yang tuntas hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya penambahan pemahaman lanjutan siswa mengenai materi yang akan diberikan. Sekitar 53% siswa yang tuntas menunjukkan bahwa perlunya pemfokusan dalam membangun kognitif siswa mengenai materi lanjutan yang perlu dibangun. Untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai pretest siswa sebesar 76 33 dengan nilai terendah 48 dan nilai tertinggi 92. Hasil posttest pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 26 anak dari 30 siswa yang tuntas hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 34% menjadi 87% dari tingkat prosentase ketuntasan pada soal pretest yang dilakukan pada awal sebelum diadakannya penelitian. Untuk hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai posttest siswa sebesar 84 8 dengan nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 100 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian terhadap proses belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 10 Malang maka dapat disimpulkan Penerapan pembelajaran menggunakan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Student Facilitator and Explaining di kelas VIIE SMP Negeri 10 Malang berlangsung dengan 2 siklus dan memenuhi target yang ditentukan oleh peneliti. Penerapan pembelajaran menggunakan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran IPS Terpadu materi Kegiatan Produksi Distribusi dan Konsumsi. Berdasarkan kesimpulan diatas ada beberapa saran yang dikemukakan adalah sebagai berikut. Kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dan Student Faciliator and Explaining dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS Terpadu agar lebih variatif. Kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dan Student Faciliator and Explaining cocok digunakan pada awal pertemuan untuk merangsang siswa membangun kognitifnya sehingga mampu mengembangkan gagasannya sejalan dengan materi yang akan dipelajari. Dalam menerapkan kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dan Student Faciliator and Explaining guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran lebih menarik dan mampu berjalan secara optimal dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39252 |
Actions (login required)
View Item |