Hidayah, Latifatul (2013) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap hasil belajar matakuliah pengantar ekonomi makro mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Latifatul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayah Latifatul. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa tentang Metode Mengajar Dosen terhadap Hasil Belajar Matakuliah Pengantar Ekonomi Makro Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd (2) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec Kata kunci motivasi belajar metode mengajar hasil belajar Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa antara lain (1) motivasi belajar (2) metode mengajar dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap hasil belajar matakuliah pengantar ekonomi makro mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen sebagai variabel bebas serta hasil belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan subyek penelitian mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2010. Teknik pengambilan sampel menggunakan penghitungan rumus slovin dari 112 jumlah populasi dengan standar eror 10% didapatkan 53 orang mahasiswa sebagai sampel. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda uji t menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar mahasiswa dengan koefisien regresi -0 006 dan signifikansi 0 038 sig 945 0 05. Variabel persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0 022 dan signifikansi 0 786 sig 945 0 05. Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa ditunjukkan dengan nilai F sebesar 2 377 dan signifikansi 0 103 sig 945 0 05. Diketahui pula hasil regresi model Summary bahwa nilai R Square 0 087 yang artinya proporsi perubahan total variabel motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen sebesar 8 7%. Sedangkan sisanya sebesar 91 3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diajukan kepada peneliti selanjutnya adalah perlu adanya penelitian tindak lanjut untuk meneliti variabel lain selain variabel motivasi belajar dan metode mengajar dosen yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Selain itu bagi seluruh pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar harus bersinergi dan saling mendukung agar tujuan proses belajar mengajar tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39246 |
Actions (login required)
View Item |