Pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Yusa Zakarya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Yusa Zakarya

Zakarya, Yusa (2013) Pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Yusa Zakarya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakarya Yusa. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Malang Tahun Ajaran 2012/ 2013 . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lisa Rokhmani M.Si (2) Drs. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci kemandirian belajar kecerdasan intelektual (IQ) prestasi belajar Kemandirian belajar merupakan cara belajar yang berasal dari kemauan diri sendiri. Kemandirian belajar ini ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil pengamatan peneliti menemukan kondisi siswa SMPN 18 Malang saat KBM dilaksanakan terlihat kemandirian belajar yang heterogen ada siswa yang serius mengerjakan tugas kelompok ada juga yang hanya titip nama selain itu ada juga yang berinisiatif untuk mencatat keterangan dari guru ada yang hanya mendengarkan ataupun tidak sama sekali mendengarkan dan saat pengumpulkan tugas rumah ada yang sempurna pengerjaannya sesuai ketentuan bahkan ada yang tidak mengumpulkan dengan berbagai alasan. SMPN 18 Malang mempunyai hasil IQ siswa yang heterogen dan ada teori yang menyatakan bahwa IQ ada pengaruh terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu bagaimana pengaruh antara IQ terhadap prestasi belajar IPS Terpadu dan bagaimana pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 18 Malang sampel yang diambil sebanyak 182 siswa dari 333 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi linear ganda dan uji hipotesis dianalisis dengan teknik statistik parametrik uji t (parsial) dan F (simultan) dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama ada pengaruh yang signifikan positif antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi atau semakin optimal kemandirian belajar akan semakin tinggi pula prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Kedua ada pengaruh yang signifikan positif antara kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan intelektual (IQ) akan semakin tinggi pula prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Ketiga ada pengaruh yang signifikan positif antara kemandirian belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item