Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII.I MTs Al-Ittihad Poncokusumo, Kabupaten Malang semester genap 2012/2013 / Rudi Nur Kholis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII.I MTs Al-Ittihad Poncokusumo, Kabupaten Malang semester genap 2012/2013 / Rudi Nur Kholis

Kholis, Rudi Nur (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII.I MTs Al-Ittihad Poncokusumo, Kabupaten Malang semester genap 2012/2013 / Rudi Nur Kholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kholis Rudi Nur. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Siswa Kelas VIII.I MTs Al Ittihad Poncokusumo Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata kunci Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar Dalam keseluruhan proses pendidikan kegiatan belajar dan mengajar merupakan kegiatan yang pokok. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran tergantung bagaimana proses belajar mengajar dirancang dan dijalankan. Tujuan dari setiap pembelajaran adalah memperoleh hasil belajar yang optimal. Kegiatan ini akan tercapai jika siswa sebagai subjek terlibat secara aktif baik fisik maupun emosi dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di MTs Al Ittihad Poncokusumo Malang diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas masih belum optimal dalam penerapan model dan media pembelajaran karena kurang adanya variasi dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi bosan dan kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berakibat pada motivasi belajar siswa yang rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan Metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII.I MTs Al Ittihad Poncokusumo Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan diskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Maret- 16 April 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.I semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi angket motivasi soal tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan angket motivasi siswa sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus serta ketuntasan belajar siswa pada masing- masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pokok bahasan ekonomi siswa kelas VIII.I MTs Al Ittihad Poncokusumo Malang. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari hasil tes yang diadakan setiap siklus. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas belajarnya sebesar 61 1 %. Pada siklus II persentase siswa yang tuntas belajarnya sebesar 83 3 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share sehingga diharapkan dapat memperkaya cara guru dalam mengajar dan mengurangi tingkat kebosanan siswa. Karena dilihat dari hasil belajar siswa diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat dan siswa termotivasi dengan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39241

Actions (login required)

View Item View Item