Wahyuningtyas, Kusuma (2013) Efektifitas pembelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII SMA di Kota Blitar / Kusuma Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuningtyas Kusuma . Efektifitas Pembelajaran Ekonomi di Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA di Kota Blitar Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd Pembimbing 2 Dra. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Efektifitas pembelajaran ekonomi hasil belajar Seiring dengan semakin berkembangnya pendidikan juga masih terdapat permasalahan yang membutuhkan solusi untuk diselesaikan salah satunya adalah kurang tercapainya tujuan pendidikan dengan adanya masalah kesulitan belajar bagi peserta didik saat di sekolah. Adanya kesulitan belajar tersebut menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga membuat lembaga bimbingan belajar hadir sebagai salah satu solusi untuk membantu mengatasi kesulitan belajar tersebut dan juga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Disini penulis mengambil permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran di lembaga bimbingan belajar dan bagaimana efektifitas pembelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII SMA di kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian datan dan kesimpulan. Dari hasil yang telah diperoleh bahwa pembelajaran di lembaga bimbingan belajar melalui observasi dalam pembelajaran dan wawancara dengan tenaga pendidik dan peserta didik telah diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar membuat peserta didik menjadi aktif bertanya dan dapat menciptakan suasana menyenangkan. Lembaga bimbingan belajar mempunyai modul sendiri memiliki fasilitas yang memadai dan metode pengajaran yang berbeda dengan sekolah. Tenaga pendidik lembaga bimbingan belajar memiliki kompetensi sesuai dengan standar kualifikasi pembimbing dan mempunyai sifat-sifat yang disenangi oleh peserta didik sehingga tenaga pendidik lembaga bimbingan belajar sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran dan membuat peserta didik cepat memahami materi dan dapat mengatasi kesulitan belajarnya dan hasil belajar bisa sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu pembelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik karena terdapat kesesuaian hasil belajar dengan yang diharapkan dimana hal ini menandakan adanya hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu peserta didik dapat mengikuti pembelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar untuk cepat memahami materi ekonomi dan mengatasi kesulitan belajarnya sehingga hasil belajar bisa sesuai dengan yang diharapkan. Lembaga bimbingan belajar dapat lebih melengkapi pembelajarannya untuk meningkatkan efektifitas pembelajarannya dalam meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran ekonomi di sekolah sebaiknya bisa dilengkapi dengan metode pembelajaran seperti di lembaga bimbingan belajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39234 |
Actions (login required)
View Item |