Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu / Arum Rina Choirani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu / Arum Rina Choirani

Choirani, Arum Rina (2013) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu / Arum Rina Choirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Choirani Arum Rina. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Malang II Batu. Skripsi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Pranowo S.E. M.Pd Ak (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci status sosial ekonomi motivasi belajar ekstrinsik prestasi belajar desain faktorial. 12288 12288 12288 12288 Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini. Yaitu variabel status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan interaksi antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Batu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi. Penelitian ini berlokasi di MAN Malang II Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Malang II Batu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 126 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 44 4% yaitu 56 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket untuk memperoleh informasi tentang status sosial ekonomi orang tua (X1) dan motivasi belajar ekstrinsik siswa (X2). Dokumentasi untuk memperoleh informasi prestasi belajar (Y). Adapun analisis yang digunakan adalah analisis desain faktorial. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Besarnya pengaruh utama dengan uji-T dan uji F diketahui bahwa masing-masing variabel bebas yaitu status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sedangkan besarnya pengaruh interaksi dengan menggunakan uji-F diketahui bahwa interaksi antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar ekstrinsik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan telah terbukti kebenarannya dan dapat diterima. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana belajar sehingga semua siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan kemampuannya. Sekolah hendaknya memperbaiki situasi belajar yang ada serta memberikan reward atas prestasi yang telah dicapai siswa. Hal ini sangat penting karena secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kedepannya. Bagi guru sebagai mediator dan motivator harus mampu menciptakan suasana persaingan di kelas serta mampu menciptakan variasi dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih termotivasi dalam belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan memperhatikan faktor-faktor lain di luar penelitian yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39230

Actions (login required)

View Item View Item