Septripiana, Eka (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD) dipadukan dengan teknik examples non examples untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMAN 3 Malang / Eka Septripiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Septripiana Eka. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tekhnik Student Teams Achievment (STAD) Dipadukan dengan Tekhnik Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.sos M.Si. (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Divisions (STAD) Examples Non Examples Motivasi Hasil Belajar Siswa. 12288 12288 12288 12288 Penerapan pembelajaran yang diterapkan guru mata pelajaran ekonomi seringkali hanya menggunakan metode ceramah. Terkait dengan metode pembelajaran tidak semua guru mampu menerapkan metode pembelajaran yang inovatif karena mereka beranggapan bahwa menggunakan metode ceramah (konvensional) terasa lebih nyaman tidak memerlukan waktu lama dan kondisi kelas yang dapat dikontrol. Namun hal ini sering menyebabkan siswa merasa bosan. Untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran cooperative learning siswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran sementara guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator aktivitas siswa. Salah satunya dengan menggunakan tekhnik Student Teams Achievment Divisions (STAD) dipadukan dengan tekhnik Examples Non Examples. 12288 12288 12288 12288 Penelitian di SMA Negeri 3 Malang untuk mengetahui (1) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Tekhnik Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dipadukan dengan Tekhnik Examples Non Examples dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas X SMAN 3 Malang. (2) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Tekhnik Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dipadukan dengan Tekhnik Examples Non Examples dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelas selama dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 November sampai 4 Desember 2012. Subyek penelitian tekhnik STAD dipadukan dengan tekhnik examples non examples adalah siswa X 9 SMAN 3 Malang yang terdiri dari 36 siswa 21 perempuan dan 15 laki-laki pada semester gasal 2011/2012. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas uji reabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Motivasi belajar diukur melalui angket di setiap akhir siklus sedangkan hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui pre test dan post test (siklus I dan siklusII) ranah kognitif sesuai dengan format penilaian rubrik ranah afektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh setelah penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian pembelajaran kooperatif tekhnik Student Teams Achievment (STAD) dipadukan dengan tekhnik Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Malang. Pada siklus I menunjukkan motivasi belajar siswa sebesar 75% meningkat pada siklus II sebesar 91 66%. Hasil belajar siswa Ranah kognitif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 74 72% pada siklus I meningkat menjadi 84 30% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 76 58% pada siklus I meningkat menjadi 83 03% pada siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tekhnik Student Teams Achievment (STAD) dipadukan dengan tekhnik Examples Non Examples baik hal ini dapat dijabarkan 17 59% siswa yang menyatakan sangat setuju 68 05% siswa yang menyatakan setuju 13 42% siswa yang menyatakan kurang setuju 1 38% siswa yang menyatakan tidak setuju. Kesimpulan dari penelitian Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tekhnik Student Teams Achievment Divisions (STAD) dipadukan dengan Tekhnik Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |