Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan uang saku dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang / Valdyan Drifanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan uang saku dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang / Valdyan Drifanda

Drifanda, Valdyan (2013) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan uang saku dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang / Valdyan Drifanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Drifanda Valdyan. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pengelolaan Uang Saku dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P Ak (II) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pengelolaan Uang Saku Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Hasil Belajar Siswa Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendidik generasi penerus bangsa agar memiliki pengetahuan tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memilik keterampilan yang dapat membekali hidupnya di masyarakat. Untuk mengetahui apakah penyelenggaraan pendidikan dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien maka perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi sangat diperlukan guna mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas dimana faktor intern diwakili oleh variabel pengelolaan uang saku sedangkan faktor ekstern diwakili oleh variabel status sosial ekonomi orang tua dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Sampel berjumlah 83 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status sosial ekonomi orang tua pengelolaan uang saku dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil-hasil analisis dan pembahasan memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut 1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang 2) Pengelolaan uang saku berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang. 3) Persepsi siswa tentang fasilitas sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang. 4) Status sosial ekonomi orang tua pengelolaan uang saku dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39215

Actions (login required)

View Item View Item