Wahyudi, Agus Imam (2013) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang / Agus Imam Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyudi Agus Imam. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Media Pembelajaran dan Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan alat bantu atau media pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah merupakan suatu integrasi terhadap metode belajar yang dipakai. Alat bantu belajar termasuk salah satu unsur dinamis dalam belajar. Kedudukan alat bantu memiliki peranan yang penting karena tercapai tidaknya tujuan pembelajaran salah satunya ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi. Alat bantu atau media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa untuk memperhatikan penjelasan guru . Di samping itu media pembelajaran yang tepat bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran siswa bisa lebih mudah untuk menerima transformasi pengetahuan dari guru ke siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian eksplanasi. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran non elektronik terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik dan non terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 54 orang. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data primer dari pengisian angket dan hasil belajar siswa aspek kognitif semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Penggunaan media pembelajaran elektronik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang. Hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi t yang kurang dari 0 05 yaitu 0 002 0 05. Hasil penelitian Juga menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran non elektronik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang. Hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi t yang kurang dari 0 05 yaitu 0 003 0 005. Secara simultan Penggunaan media pembelajaran elektronik dan non elektronik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran Ekonomi kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Malang. Hal ini bisa dilihat dari nilai F hitung sebesar 8 045 yang lebih besar dari nilai F tabel yaitu 3 18.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39205 |
Actions (login required)
View Item |