Suprayitno, Bambang Irwan (2013) Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran proses kerja informasi dan komunikasi untuk siswa kelas X semester 1 di SMAN 3 Malang / Bambang Irwan Suprayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suprayitno Bambang Irwan. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Proses kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Siswa Kelas X Semester 1 di SMAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci pengembangan multimedia pembelajaran interaktif proses kerja teknologi informasi dan komunikasi Multimedia pembelajaran interaktif merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah khususnya mata pelajaran TIK Pembelajaran Proses Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 3 Malang penyampaian materi Proses Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan gambar diam. Padahal dengan metode tersebut siswa cenderung sulit memahami materi yang diberikan dan cepat bosan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini adalah untuk mengembangkan suatu multimedia pembelajaran interaktif yang efektif dan efisien untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga bisa memberikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyampaikan materi Proses Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi. Subjek uji coba dalam pengembangan media animasi ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan multimedia interaktif kepada ahli media ahli materi dan siswa atau audiens. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi menggunakan prosentase. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 95% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 75% dan audiens kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 83% dan kelompok besar 83%. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang disajikan secara variatif dapat merangsang minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran TIK Pembelajaran Proses Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini adalah diharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan. Sehingga pengembang berikutnya dapat menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |