Makhtum, Ahmad (2013) Tinjauan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS Terpadu sekolah menengah pertama di Pamekasan / Ahmad Makhtum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Makhtum Ahmad. 2013. Tinjauan Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS terpadu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Pamekasan. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jutusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo S.E M.Pd Ak (II) Dr. Imam Mukhlis SE M.Si. Kata Kunci Tinjauan Pendidikan Karakter IPS terpadu Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama Negeri Pendidikan memiliki fungsi sebagai media pembentukan manusia seutuhnya baik dari sisi kompetensi dan karakter. Namun di era global saat ini permasalahan karakter manusia seakan menjadi krisis. Permasalahan krisis tersebut terjadi di saat kompetensi dan pengetahuan yang mengalami perkembangan semakin pesat. Maka dari hal tersebut pemerintah melakukan kebijakan dengan adanya pendidikan karakter sebagai penguatan fungsi pendidikan dalam pembentukan nilai. Kebijakan tersebut sebagai penguatan bahwa dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan tidak hanya memiliki tujuan dalam pembentukan kompetensi tetapi juga adanya nilai karakter untuk peserta didik termasuk dalam mata pelajaran IPS terpadu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomonologi. Pendekatan fenomonologi digunakan untuk mengungkapkan makna dalam berbagai peristiwa yang ada. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan tahap pengumpulan reduksi dan penyajian data dan penarikan kesimpulan sesuai dengan ruang lingkup permasalahan. Pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS terpadu merupakan pendidikan karakter yang dilakukan dengan integrasi ketika pembelajaran. Pendidikan karakter pembelajaran IPS terpadu dimulai dari perencanaan proses pembelajaran hingga evaluasi. Hasil penelitian dari perencanaan pembelajaran yang dicerminkan perangkat pembelajaran bahwa terdapat adanya karakter tertentu yang akan dicapai pada pembelajaran IPS terpadu. Kemudian proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS terpadu SMPN di Pamekasan menampakkan adanya pendidikan karakter baik secara metode pembelajaran secara aktif dan koperatif. Namun evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran masih pada ranah kognitif. Meskipun ada pula guru ketika melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi pada ranah lain. Permasalahan yang terjadi pada implementasi pendidikan karakter antara lain permasalahan kurikulum IPS terpadu pemahaman pendidikan karakter hingga permasalahan sosialisasi pendidikan karakter. Namun upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan antara lain pengembangan kurikulum IPS terpadu optimalisasi pendidikan karater hingga kebijakan manajemen sekolah. Hal tersebut untuk meningkatkan implementasi pendidikan karakter dimana sebagai penanaman nilai pada peserta didik sehingga peserta didik tidak hanya sekedar tahu pada pembelajaran IPS terpadu tetapi menghayati karakter tertentu yang ada pada pembelajaran IPS terpadu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39197 |
Actions (login required)
View Item |