Pengaruh kecerdasan inteltual (IQ), kebiasaan belajar dan ketersediaam fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Balya Zakiyuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan inteltual (IQ), kebiasaan belajar dan ketersediaam fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Balya Zakiyuddin

Zakiyuddin, Balya (2013) Pengaruh kecerdasan inteltual (IQ), kebiasaan belajar dan ketersediaam fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Balya Zakiyuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Kebiasaan Belajar Ketersediaan Fasilitas Belajar Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Kegiatan pembelajaran melalui pendidikan formal idealnya bertujuan untuk mengantarkan siswa agar mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Siswa SMP merupakan fase remaja awal dimana siswa mulai belajar mengarahkan dirinya sendiri untuk mendapatkan prestasi yang tinggi. Selain faktor intelegensi yang merupakan faktor bawaan siswa kebiasaan belajar dan fasilitas belajar adalah hal yang bisa dioptimalkan siswa untuk meningkatkan pretasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara simultan antara kecerdasan intelektual (IQ) kebiasaan belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 414 siswa. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 10%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh signifikan dan bersifat positif antara kecerdasan Intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Kedua terdapat pengaruh signifikan dan bersifat positif antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Ketiga terdapat pengaruh signifikan namun bersifat negatif antara ketersediaan fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Artinya tersedianya fasilitas yang lengkap tidak menjamin prestasi belajar yang baik karena peran fasilitas belajar dirumah dipengaruhi oleh minat siswa. Keempat Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kecerdasan intelektual (IQ) kebiasaan belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Dimana besar pengaruh IQ Kebiasaan belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa berturut-turut sebesar 6 4% 20 9% dan 0 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39190

Actions (login required)

View Item View Item