Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang / Nureisa Fadillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang / Nureisa Fadillah

Fadillah, Nureisa (2013) Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang / Nureisa Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadillah Nureisa. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata kunci kecerdasan emosional lingkungan belajar hasil belajar Kebanyakan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu fluktuatif. Siswa dapat memiliki nilai baik namun terkadang nilai siswa menurun secara drastis. Hal tersebut dapat terjadi karena hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal diantaranya kecerdasan emosional dan lingkungan belajar. Kecerdasan emosional penting untuk ditingkatkan agar siswa dapat mengendalikan diri agar tetap fokus belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Selain kecerdasan emosional lingkungan belajar juga ikut berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena dengan lingkungan yang kondusif siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman sehingga ilmu yang diajarkan dapat diserap dengan baik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1)Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang (2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang (3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanasi karena bertujuan menjelaskan ada tidaknya pengaruh dan besaran pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 186 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik Proportional random sampling diperoleh 66 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknik analisis linear berganda. Variabel penelitian antara lain kecerdasan emosional (X1) lingkungan belajar (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. (2) lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. (3) kecerdasan emosional dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39185

Actions (login required)

View Item View Item