Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nglegok Kabupaten Blitar / Yoga Anindita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nglegok Kabupaten Blitar / Yoga Anindita

Anindita, Yoga (2013) Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nglegok Kabupaten Blitar / Yoga Anindita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fasilitas Belajar Motivasi Berprestasi Hasil Belajar Ekonomi Undang-Undang No 20 Tahun 2003 dalam pasal 45 ayat 1 yang berbunyi Setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan fasilitas yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik kecerdasan intelektual sosial emosional dan kewajiban peserta didik.Motivasi menurut Sukmadinata (2004 61) merupakan kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan individu disebut motivasi yang menunjukkan suatu kondisi dalam diri individu yang mendorong atau menggerakkan individu tersebut. Jenis motivasi bermacam-macam salah satunya adalah motivasi berprestasi yaitu motivasi yang mendorong siswa untuk mencapai prestasi tinggi melakukan kegiatan mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Nglegok 2)Bagaimana pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Nglegok 3)Bagaimana pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Nglegok Rancangan dalam penelitian ini adalah eksplanasi penelitian dilakukan melalui tahap tahap memilih dan mengidentifikasi masalah menetapkan prosedur penelitian mengumpulkan data menganalisis data dan menggambarkan dan menetapkan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Nglegok Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi siswa 309 siswa. Sampel menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel adalah 175 siswa. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal data bebas dari multikolinearitas bebas dari heterokesdastisitas dan bebas dari autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh antara fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. X1 0 000 0 05 dan nilai pengaruh X1 sebesar 43 4% sedangkan nilai sig. X2 0 000 0 05 dan nilai pengaruh X2 sebesar 31 7%. Secara simultan motivasi berprestasi dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nglegok dengan sig. F 0 000 0 05 dan nilai R Square (R2) adalah 75%. Saran yang diajukan adalah (1) bagi sekolah Fasilitas sekolah yang diberikan hendaknya di optimalkan sehingga mendukung hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran ekonomi perbaikan ruang kelas yang sedang dilakukan hendaknya segera diselesaikan agar tidak mempengaruhi kegiatan belajar siswa yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Sekolah juga perlu mensosialisasikan pentingnya fasilitas belajar yang tersedia di sekolah agar siswa memanfaatkannya secara optimal untuk hasil belajar yang optimal. (2) bagi siswa siswa hendaknya memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah fasilitas belajar dirumah serta di lingkungan secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Disamping itu siswa harus meningkatkan motivasi berprestasi agar mencapai prestasi yang optimal. (3) bagi peneliti lain penelitian berikutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi dengan menambah kajian variabel lain yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa dan belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39173

Actions (login required)

View Item View Item