Ningsih, Atik Surya (2013) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan m inat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA "Islam" Malang / Atik Surya Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kondisi sosial ekonomi orang tua minat belajar siswa prestasi belajar siswa Kondisi sosial ekonomi orang tua dan minat belajar siswa adalah dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa dengan kondisi sosial ekonomi orang tua yang baik dan minat belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Islam Malang baik pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian tentang kondisi sosial ekonomi orang tua minat belajar siswa maupun prestasi belajar siswa berupa data kuantitatif yang berskala interval.pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan nilai rapot. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kondisi sosial ekonomi orang tua dan minat belajar siswa. Sedangkan rapot digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Aalisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data sebagai berikut pertama dengan menggunakan uji t diketahui bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu dengan t hitung sebesar 4 390. Kedua minat belajar siswa memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu ditunjukkan dengan t hitung sebesar 9 331. Ketiga dari uji ANOVA atau F test didapat nilai F hitung sebesar 53 438 dengan probabilitas 0 000 karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0 05 maka dapat dikatakan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua (x1) dan minat belajar siswa (x2) secara bersama - sama dapat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (y) sebesar 56 8%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang mampu peneliti sampaikan pertama kepada guru adalah guru sebaiknya mengupayakan pembelajaran ekonomi yang efektif dan menarik demi meningkatkan minat balajar siswa pada setiap pelajaran yang diadakan di sekolah. Kedua kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan minat dalam belajar dalam iii kondisi apapun karena fasilitas dari orang tua hanya satu dari banyak faktor pendukung keberhasilan pendidikan selebihnya ada dalam kemauan siswa itu sendiri. Ketiga bagi peneliti lain diharapkan mencari variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa untuk diteliti sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan seputar faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar atau varibel lain dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |