Lestari, Novita Sri (2013) Penerapan model Creatif Learning berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan minat belajar dan kreatifitas berfikir siswa kelas X SMAN 3 Malang pada pelajaran ekonomi / Novita Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestari Novita Sri. 2012. Penerapan Creative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Berpikir Siswa Kelas X SMAN 3 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si. Kata kunci Creative Learning Multimedia Interakti Minat Belajar Kreativitas Berpikir. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran ekonomi di sekolah menengah atas sebagai respons semakin lemahnya minat belajar dan kreativitas berpikir siswa.Pada umumnya guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Walaupun telah disediakan fasilitas belajar berupa LCD oleh pihak sekolah akan tetapi kurang dimanfaatkan secara maksimal untuk dipadukan dengan metode belajar. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan kebosanan serta menurunkan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan creative learning berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa kelas X SMAN 3 Malang 2) Apakah creative learning berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa kelas X SMAN 3 Malang Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian ini berasal dari wawancara observasi pre-test dan post-test angket siswa serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Penerapan pembelajaran didasarkan pada data data informasi dari guru siswa observasi dokumentasi serta angket siswa dan setting sosial kelas secara alamiah melalui 4 tahapan siklus penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa dalam pembelajaran ekonomi dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran kreatif (creative learning) berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Malang dengan 2 siklus. Pada siklus I prosentase kemampuan mengajar guru sebesar 71 53% dan terjadi peningkatan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa hal ini dapat dilihat melalui pre-test untuk nilai rata-rata kelas sebesar 69 18 dan post-test untuk nilai rata rata kelas sebesar 80 56 lembar observasi minat belajar aspek afektif prosentase minat belajar siswa sebesar 67 69 minat belajar aspek psikomotor prosentase minat belajar siswa sebesar 60% dan lembar observasi kreativitas berpikir siswa prosentasenya sebesar . Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru yakni prosentase kemampuan mengajar guru sebesar 83 07% dan terjadi peningkatan ii minat belajar dan kreativitas berpikir siswa hal ini dapat dilihat melalui pre-test untuk nilai rata-rata kelas sebesar 78 37 dan post-test untuk nilai rata rata kelas sebesar 84 12 lembar observasi minat belajar aspek afektif prosentase minat belajar siswa sebesar 86 15% prosentase minat belajar aspek sebesar 70% dan lembar observasi kreativitas berpikir siswa prosentasenya sebesar. Penerapan pembelajaran kreatif (creative learning) berbasis multimedia interaktif disini diterapkan melalui teknik teknik pembelajaran diantaranya Kuis cerdas cermat rangking 1 are you smarter than 5th grader dan ujian singkat. Melalui teknik teknik pembelajaran kreatif tersebut minat belajar dan kreativitas berpikir siswa mengalami peningkatan. Creative learning berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas berpikir siswa karena selama menerapkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tersebut siswa menjadi antusias dan rasa ingin tahunya tinggi dalam proses pembelajaran serta mampu memecahkan persoalan dengan gagasan masing masing siswa Berdasarkan keberhasilan pemberian perlakuan tindakan untuk mengobati penyakit siswa kelas X-1 terhadap proses pembelajaran ekonomi maka penulis dapat memberikan saran bagi guru bahwa penerapan creative learning berbasis multimedia interaktif sangat dianjurkan untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Bagi peneliti dapat mengembangkan inovasi pembelajaran yang lain sebagai referensi pelaksanaan pembelajaran bagi sekolah dan bagi universitas negeri malang dapat menambah kasanah pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39165 |
Actions (login required)
View Item |