Faktor-faktor penyebab masalah hubungan sosial dan kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus di kelas VII SMPN 4 Malang) / Meishinta Dwi Nurmala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor penyebab masalah hubungan sosial dan kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus di kelas VII SMPN 4 Malang) / Meishinta Dwi Nurmala Sari

Sari, Meishinta Dwi Nurmala (2013) Faktor-faktor penyebab masalah hubungan sosial dan kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus di kelas VII SMPN 4 Malang) / Meishinta Dwi Nurmala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Masalah hubungan sosial faktor internal kesulitan belajar faktor eksternal kesulitan belajar. Latar belakang penelitian ini berdasarkan fakta yang terjadi di SMP Negeri 4 Malang yaitu terdapat siswa-siswi yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungannya atau memiliki masalah dalam hubungan sosialnya yang secara tidak langsung berdampak pada proses dan hasil belajarnya. Selain itu hasil belajar yang diperoleh kurang memenuhi standar SKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran ekonomi yaitu 75. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab masalah hubungan sosial dan kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Malang. Informan terdiri dari 3 siswa dari kelas VII satu guru BK dan satu guru mata pelajaran ekonomi. Hasil temuan di lapangan menunjukkan faktor penyebab masalah hubungan sosial meliputi kesalahpahaman antar sesama teman adanya kelompok besar yang menguasai kelas masalah di dalam keluarga dan kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua. Masalah sosial juga saling terkait dengan masalah kesulitan belajar yang dialami siswa. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya perhatian siswa pada saat mata pelajaran ekonomi kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ekonomi rendahnya motivasi pada saat mengikuti pelajaran ekonomi dan kesiapan belajar yang kurang pada saat menerima materi. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi metode mengajar yang digunakan guru kurang variatif cara mendidik orang tua relasi antar anggota keluarga keadaan ekonomi yang kurang relasi guru dan siswa yang kurang erat alat pelajaran yang kurang memadai dan tidak adanya pengawasan orang tua dalam penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39163

Actions (login required)

View Item View Item