Sari, Sinta Wijaya (2013) Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kreativitas dan penguasaan materi pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII-F SMP negeri 8 kota Malang / Sinta Wijaya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Mind Mapping kreativitas dan penguasaan materi. Berdasarkan hasil observasi bahwa yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 22 Oktober 2012 dengan guru IPS Terpadu SMP Negeri 8 Malang diketahui bahwa siswa cenderung malas untuk mencatat hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher oriented dimana keadaan ini dapat menjadikan permasalahan di dalam kelas. Keadaan seperti itu menjadikan siswa cenderung bosan dan pasif. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu model pembelajaran Mind Mapping yang diharapkan dapat membantu siswa untuk mengasah cara berpikir mereka terhadap suatu konsep secara kreatif dalam berpikir dan meningkatkan penguasaan materi siswa yang terlihat dari pencapaian hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan penguasaan materi siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan tahun ajaran 2012-2013. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kemampuan kreativitas dan hasil belajar ranah kognitif dan afektif dalam mengetahui penguasaan materi siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan penguasaan materi siswa kelas VIII-F. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya persentase hasil penguasaan materi siswa siklus I yang meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 40 7% . Peningkatan penguasaan materi siswa dapat terlihat dari hasil ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif. Dan selain nilai kognitif yang diteliti kreativitas siswa juga merupakan bagian dari penilaian dalam mengetahui peningkatan dalam penelitian yang dilakukan guru peningkatan kreativitas menunjukkan 33 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan penguasaan materi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang. Untuk guru mata pelajaran IPS Terpadu disarankan bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kreativitas dan penguasaan materi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |